Japan Display Bisa Bawa VR Mobile ke Tingkat Selanjutnya

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 26 Nov 2016 09:35 WIB
virtual reality
Japan Display Bisa Bawa VR Mobile ke Tingkat Selanjutnya
Japan Display umumkan pengembangan layar baru khusus untuk VR.

Metrotvnews.com: Japan Display mengumumkan tengah mengembangkan layar yang diklaim dirancang khusus untuk menyuguhkan pengalaman VR lebih baik. Layar ini akan hadir dengan ukuran 3,42 inci dan berbekal kepadatan 651 ppi.

Japan Display mengaku berupaya untuk meningkatkan kepadatan piksel, untuk menghindari garis tegas antara setiap piksel individual. Berdasarkan gambar yang dirilis oleh perusahaan asal Jepang ini, pengembangan layar tersebut dinilai berhasil, meski masih menyisakan ruang yang dapat dikembangkan.

Salah satu permasalahan lain pada solusi VR mobile saat ini adalah blur pada pergerakan, disebabkan oleh refresh rate dan waktu respons yang rendah. Japan Display mengklaim berhasil mengatasi permasalahan tersebut dengan meningkatkan refresh rate menjadi 90 HZ, lebih tinggi dibandingkan dengan 60Hz yang umumnya ditemukan oleh smartphone di pasar.

Refresh Rate sebesar 60Hz dinilai cukup untuk smartphone, namun tidak demikian untuk kebutuhan VR. Peningkatan rate 30HZ diprediksi akan menghadirkan perbedaan pada tampilan layar secara signifikan. Japan Display juga menyebut telah mengurangi waktu respon hingga 3 menit, yang dinilai lebih sesuai untuk layar untuk VR.

Selain itu, Japa Display juga mengklaim telah mengurangi latensi antara pergerakan yang terdeteksi oleh perangkat VR dan pergerakan yang ditampilkan pada layar LCD. Hal ini ditujukan untuk memungkinkan otak pengguna menikmati sesi penggunaan VR lebih lama dengan lebih nyaman.

Dinilai sebagai inovasi menarik oleh sejumlah pihak, Japan Display menyebut layar hasil pengembangan barunya tersebut belum dapat ditemukan pada ponsel manapun. Namun, perusahaan ini juga enggan berbagi informasi terkait rencana pembekalan layar ini pada produk tertentu, seperti yang dilaporkan Phone Arena.

VR telah menjadi ranah yang mendapat perhatian dari sejumlah perusahaan teknologi dunia, setelah raksasa teknologi seperti Samsung dan Lenovo menghadirkan perangkat VR miliknya, serta Facebook yang mengakuisisi Oculus. Sementara Apple mengaku tengah mengembangkan teknologi Augmented Reality untuk peta.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /