Rangkaian Kereta San Francisco Kena Bajak Hacker

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 28 Nov 2016 16:23 WIB
peristiwacyber security
Rangkaian Kereta San Francisco Kena Bajak Hacker
Hacker bajak sistem kereta commuter di San Francisco

Metrotvnews.com: San Francisco Municipal Railway (MUNI) baru-baru ini dikejutkan dengan aksi serangan siber oleh hacker tidak dikenal baru-baru ini.

Aksi tersebut membuat salah satu rangkaian kereta commuter yang dioperasikan oleh MUNI tiba-tiba berhenti dan pintunya tidak bisa dibuka, membuat semua penumpangnya terjebak di dalam. Hacker juga diperkirakan sudah menguasai sistem komputer MUNI, termasuk kontrol kereta dan sistem tiket.

Menurut The Verge, serangan tersebut diketahui terjadi pada hari Jumat (25/11/2016) kemarin. Saat itu, salah satu komputer MUNI menampilkan pesan peringatan dari hacker yang menyatakan sistem MUNI telah diretas.

Sang hacker juga meminta sejumlah tebusan kepada MUNI jika ingin sistemnya dikembalikan seperti semula. Sementara pihak MUNI masih belum mau memberikan komentar dan mengatakan sedang berusaha mengatasi permasalahan tersebut.

Ini bukanlah kali pertamanya serangan serupa dilancarkan ke berbagai instansi di Amerika Serikat. Pada bulan September, Morphus Labs diserang oleh sistem ransomware bernama Mamba.

Uniknya, sistem ransomware tersebut mirip dengan yang digunakan pada serangan MUNI kali ini, sehingga menimbulkan dugaan adanya pelaku penyerangan yang sama.

Ini juga bukan pertama kali agensi pemerintahan negara bagian California diserang oleh ransomware. Awal tahun 2016, Hollywood Presbyterian Medical Center tiba-tiba diserang oleh sebuah ransomware yang secara otomatis mengunci berbagai file penting.

Sang hacker meminta tebusan sebesar USD3,6 juta dengan jaminan file akan bisa dibuka kembali jika tebusan telah dibayar.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /