Rangkaian Kereta San Francisco Kena Bajak Hacker

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 28 Nov 2016 16:23 WIB
peristiwacyber security
Rangkaian Kereta San Francisco Kena Bajak Hacker
Hacker bajak sistem kereta commuter di San Francisco

Metrotvnews.com: San Francisco Municipal Railway (MUNI) baru-baru ini dikejutkan dengan aksi serangan siber oleh hacker tidak dikenal baru-baru ini.

Aksi tersebut membuat salah satu rangkaian kereta commuter yang dioperasikan oleh MUNI tiba-tiba berhenti dan pintunya tidak bisa dibuka, membuat semua penumpangnya terjebak di dalam. Hacker juga diperkirakan sudah menguasai sistem komputer MUNI, termasuk kontrol kereta dan sistem tiket.

Menurut The Verge, serangan tersebut diketahui terjadi pada hari Jumat (25/11/2016) kemarin. Saat itu, salah satu komputer MUNI menampilkan pesan peringatan dari hacker yang menyatakan sistem MUNI telah diretas.

Sang hacker juga meminta sejumlah tebusan kepada MUNI jika ingin sistemnya dikembalikan seperti semula. Sementara pihak MUNI masih belum mau memberikan komentar dan mengatakan sedang berusaha mengatasi permasalahan tersebut.

Ini bukanlah kali pertamanya serangan serupa dilancarkan ke berbagai instansi di Amerika Serikat. Pada bulan September, Morphus Labs diserang oleh sistem ransomware bernama Mamba.

Uniknya, sistem ransomware tersebut mirip dengan yang digunakan pada serangan MUNI kali ini, sehingga menimbulkan dugaan adanya pelaku penyerangan yang sama.

Ini juga bukan pertama kali agensi pemerintahan negara bagian California diserang oleh ransomware. Awal tahun 2016, Hollywood Presbyterian Medical Center tiba-tiba diserang oleh sebuah ransomware yang secara otomatis mengunci berbagai file penting.

Sang hacker meminta tebusan sebesar USD3,6 juta dengan jaminan file akan bisa dibuka kembali jika tebusan telah dibayar.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.