Ilmuwan IBM Ciptakan Transistor Chip dari Carbon Nanotube

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 15 Nov 2016 12:03 WIB
sains
Ilmuwan IBM Ciptakan Transistor Chip dari Carbon Nanotube
Carbon nanotube sangat sulit dibentuk

Metrotvnews.com: Peneliti dari IBM berhasil membuat sebuah struktur chip menggunakan material baru bernama carbon nanotube.

Berbeda dengan silikon, carbon nanotube merupakan material yang jauh lebih kecil, namun bisa bekerja lebih baik dari silikon. Tidak heran jika carbon nanotube sering dikatakan sebagai material prosesor untuk masa depan.

Meski sangat menjanjikan, carbon nanotube memiliki permasalahan utama yang sangat sulit dipecahkan. Material ini sangat sulit untuk dibuat karena ukurannya sangat kecil. Selain itu, carbon nanotube tidak bisa dibentuk begitu saja seperti membentuk transistor untuk prosesor dari silikon.

"Carbon nanotube sangat sulit dibentuk. Analoginya seperti membangun sebuah patung yang terdiri dari blok-blok material yang tidak bisa dibentuk ulang," ujar George Tulevski, salah satu peneliti di IBM.



"Kondisi tersebut membuat Anda tidak bisa membuat sesuatu yang Anda inginkan dari carbon nanotube."

Untuk memecahkan permasalahan tersebut, Tulevski menggunakan pendekatan yang berbeda. Ia dan timnya tidak lagi melakukan pendekatan tradisional dengan cara merakit material tersebut satu per-satu, namun melalui cara khusus yang memungkinkan carbon nanotube untuk membentuk strukturnya sendiri dari pola yang telah ditentukan.

Tulevski menggunakan berbagai bahan kimia khusus agar carbon nanotube bisa membentuk pola tersebut. Meski demikian, ia mengatakan carbon nanotube masih jauh untuk bisa dibuat menjadi sebuah chip atau prosesor. Hal tersebut dikarenakan carbon nanotube masih belum teruji kualitas dan posisinya secara komersil.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /