Laptop Paspampres AS Dicuri

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 20 Mar 2017 14:54 WIB
teknologicyber security
Laptop Paspampres AS Dicuri
Denah Trump Tower tersimpan dalam laptop agen Secret Service yang tercuri. (AP Photo/Seth Wenig, File)

Metrotvnews.com: Sebuah laptop yang mengandung denah dari Trump Tower dan informasi keamanan nasional lainnya telah dicuri dari kendaraan milik agen Secret Service di New York City pada hari Kamis lalu, ujar juru bicara pihak berwajib pada ABC News.

Secret Service mengonfirmasi bahwa laptop milik agennya dicuri, tapi tidak memberikan penjelasan lengkap tentang konten dalam laptop tersebut. Badan penegak hukum itu menyebutkan, laptop yang tercuri tidak mengandung konten rahasia, tapi ia bisa digunakan untuk mengakses konten rahasia yang tersimpan pada server.

Selain laptop, sang pencuri juga berhasil mencuri lapel pin resmi Secret Service, menurut pihak berwajib yang tahu tentang hal ini.

"Secret Service AS dapat mengonfirmasi bahwa seorang pekerjanya merupakan korban dari tindakan kriminal berupa pencurian laptop yang diberikan oleh kami," tulis Secret Service pada hari Jumat.

"Laptop yang kami berikan memiliki beberapa lapis keamanan, termasuk enkripsi full disk dan ia tidak dibolehkan untuk menyimpan data rahasia."

Lebih lanjut, mereka berkata, saat ini, mereka sedang melakukan penyelidikan dan mereka tidak akan memberikan komentar lebih lanjut sampai "fakta-fakta yang ada dikumpulkan."

Para pihak berwajib kini masih mencari laptop tersebut. Polisi diperkirakan akan dapat mengidentifikasi sang pencuri melalui bukti berupa video, ujar narasumber dari badan keamanan. Laptop yang tercuri terenkripsi dan data di hard drive-nya dapat dihapus dari jauh jika memang diperlukan. 


(MMI)

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda
Review Smartphone

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda

12 hours Ago

Turut memeriahkan tren kamera ganda yang tengah digandrungi produsen smartphone, Motorola juga …

BERITA LAINNYA
Video /