AMD Akhirnya Resmi Rilis 3 Prosesor Ryzen

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 23 Feb 2017 07:31 WIB
amd
AMD Akhirnya Resmi Rilis 3 Prosesor Ryzen
CEO AMD, Lisa Su (foto: PC GAMER)

Metrotvnews.com: Setelah beberapa kali informasinya bocor di dunia maya, AMD akhirnya mengumumkan jajaran prosesor baru yaitu Ryzen.

AMD memperkenalkan tiga varian prosesor Ryzen ke publik. Ketiganya adalah Ryzen 7 1800X, 1700X, dan 1700. Ketiganya merupakan prosesor dengan 8 core 16 thread dan akan hadir di pasar mulai tanggal 2 Maret mendatang.

Tiga prosesor Ryzen kali ini merupakan prosesor kelas atas yang juga akan bersaing dengan jajaran prosesor Intel terkini, yaitu Kaby Lake meski dalam presentasinya mereka hanya membandingkan Ryzen dengan Skylake.

AMD memang cukup berani bersuara kali ini. Mereka mengklaim tiga prosesor Ryzen tersebut hadir dengan performa lebih baik dari prosesor sekelasnya dari Intel.



Yang menarik adalah harganya. Ryzen dipatok dengan harga yang sangat murah, yaitu berada di kisaran setengah harga dari prosesor Intel yang sekelas. Ryzen 7 1800X misalnya yang dibanderol seharga USD499 (kisaran Rp6,6 juta) merupakan prosesor yang setara dengan Intel Core i7-6900K yang memiliki harga di atas USD1000 (kisaran Rp13,3 juta).

Meski perbedaan performanya tidak terlalu jauh sekalipun, Ryzen akan tetap unggul karena harganya yang sangat murah. Kabar baik lain dari Ryzen adalah prosesor ini akan menggunakan platform terbaru AMD, yaitu AM4.

Platform tersebut hadir dengan berbagai teknologi terkini, salah satunya adalah dukungan penggunaan RAM DDR4 dengan kecepatan hingga 3600MHz. Selain itu, Ryzen juga bakal hadir dengan sistem pendingin baru yang memiliki lampu LED RGB dengan harapan bisa menarik perhatian gamer.




(MMI)

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya
Review Smartphone

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya

11 hours Ago

Melihat sepak terjang Lenovo selama ini, mereka tampaknya sadar betul bahwa konsumen Indonesia …

BERITA LAINNYA
Video /