SpaceX Sukses Luncurkan Satelit GPS Baru

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 24 Dec 2018 13:49 WIB
SpaceX
SpaceX Sukses Luncurkan Satelit GPS Baru
Ilustrasi satelit GPS III yang telah mengudara.

Jakarta: SpaceX sukses meluncurkan satelit GPS (Global Positioning System) III milik Air Force Amerika Serikat.

Satelit yang dinamai Vespucci itu diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida. Ini adalah misi keamanan nasional pertama yang didapatkan oleh SpaceX. SpacceX berencana untuk melakukan peluncuran pada awal minggu ini. Namun, angin kencang memaksa mereka untuk menunda peluncuran. 

SpaceX memenangkan kontrak National Security Space (NSS) dengan Air Force pada 2016. Mereka berencana untuk meluncurkan empat GPS III menggunakan Falcon 9, roket yang dibuat oleh SpaceX, lapor TechCrunch

Satelit GPS ada di bawah kepemilikan militer AS dan dioperasikan oleh Air Force. Dibuat pada Perang Dingin, GPS telah digunakan untuk kepentingan komersial sejak tahun 2000-an.

Satelit-satelit GPS baru, yang dibuat oleh Lockheed Martin, akan memberikan tingkat akurasi tiga kali lebih baik dari sistem GPS yang ada sekarang ini. Selain itu, menurut SpaceX, satelit baru ini juga memiliki fitur anti-jamming delapan kali lebih baik. 

"Generasi satelit GPS terbaru ini didesain dan dikembangkan untuk memberikan informasi posisi, navigasi, dan waktu," kata SpaceX. "GPS digunakan oleh lebih dari empat miliar pengguna dan mendukung  misi penting di seluruh dunia."

Selama tahun 2018, SpaceX telah menjalankan 21 misi peluncuran, naik total peluncuran mereka pada tahun lalu, yang hanya mencapai 18 kali. Didirikan oleh Elon Musk pada 2002, SpaceX dikabarkan tengah mengumpulkan dana sebesar USD500 juta untuk membantu proyek Starlink, 

Melalui proyek itu, SpaceX berencana meluncurkan 11 ribu satelit untuk meningkatkan kualitas jaringan internet di seluruh dunia. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.