Soal Teknologi Jaringan, iPhone X Kalah dari Android

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 21 Sep 2017 13:53 WIB
appleandroidiphone x
Soal Teknologi Jaringan, iPhone X Kalah dari Android
iPhone X belum bisa menggunakan jaringan Gigabit LTE. (Justin Sullivan / Getty Images / AFP)

Metrotvnews.com: Apple menyebut iPhone sebagai "smartphone masa depan". Namun, setidaknya ada satu fitur yang tidak dimiliki oleh iPhone X tapi sudah tersedia di Android sejak beberapa bulan lalu.

Ketiga iPhone baru Apple tidak kompatibel dengan teknologi jaringan super cepat yang disebut Gigabit LTE. Sementara itu, ada 10 smartphone Android -- seperti Samsung Galaxy S8, Galaxy Note 8, LG V30 dan HTC U11 -- yang, secara teori, dapat mencapai kecepatan maksimal sebesar 1 gigabit per detik.

Itu adalah kecepatan maksimal yang ditawarkan oleh penyedia layanan internet saat ini. Dengan kecepatan tersebut, Anda bisa mengunduh film berdurasi 2 jam selama 15 detik, lapor CNET

Apple mengonfirmasi bahwa tiga iPhone barunya sudah bisa menggunakan jaringan LTE Advanced, yang seara teori dapat mencapai kecepatan maksimal 500 megabit per detik. Memang, kecepatan itu sudah cukup baik, tapi masih kalah dengan kecepatan maksimal yang bisa dicapai oleh smartphone Android. 

Fakta bahwa Apple tidak membuat iPhone barunya kompatibel dengan Gigabit LTE menarik karena para operator di Amerika Serikat telah mulai mengusung teknologi jaringan tersebut. Memang, jaringan ini belum tersedia di banyak tempat. Namun, mulai tahun depan, smartphone Android akan bisa mengakses jaringan dengan kecepatan lebih baik dari iPhone.

Sebenarnya, keputusan Apple ini tidak terlalu mengherankan. Selama ini, perusahaan asal Cupertino itu memang jarang memasukkan teknologi jaringan terbaru di ponselnya. Keputusan Apple kali ini memperkuat pendapat bahwa mereka lebih memilih untuk membiarkan teknologi matang terlebih dulu sebelum menggunakannya. 

"Apple tidak termasuk pengadopsi pertama soal teknologi jaringan," ujar Ben Bajarin, analis di Creative Strategies. "Mereka jarang melakukan hal itu." Tampaknya, alasan Apple melakukan ini adalah karena ada lebih banyak orang yang berusaha untuk mereka jangkau. "Apple perlu untuk bermain di tingkat global."

Apple menolak untuk berkomentar tentang hal ini. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /