Apple Selidiki Investigasi Klaim di Media Sosial

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 01 Oct 2017 09:14 WIB
apple
Apple Selidiki Investigasi Klaim di Media Sosial
Apple menyebut akan melakukan investigasi menyeluruh terkait klaim pembengkakan baterai pada iPhone 8 Plus.

Metrotvnews.com: Klaim terkait temuan baterai membengkak pada iPhone 8 Plus yang beredar di internet dilaporkan telah mendapatkan tanggapan dari Apple, yang menyebut akan melakukan investigasi pada ponsel barunya tersebut.

Apple menyebut akan melakukan investigasi secara menyeluruh, guna memeriksa pengaruh skenario pada insiden tersebut. Menurut Phone Arena, setidaknya satu unggahan media sosial dilengkapi dengan gambar yang menampilkan yang baterai membengkak.

Pembengkakan baterai tersebut ditampilkan mengakibatkan layar ponsel terangkat dari bingkai bodinya. Pada salah satu contoh, pemilik ponsel menyebut pembengkakan terjadi saat baterai ponsel diisi dengan menggunakan kabel dan adapter daya resmi Apple.

Menurut pemilik iPhone 8 Plus dengan permasalahan serupa lainnya, saat diterima dari Apple, ponsel telah dalam kondisi layar terangkat dan ukuran sel bagian dalam ponsel mengalami pembesaran melebihi ukuran normal.

Sementara itu, menurut pihak yang mengetahui kebijakan Apple, raksasa teknologi ini secara rutin melakukan pemeriksaan, bahkan pada iPhone model lebih lama yang hadir dengan kondisi baterai mengalami pembengkakan.

Insiden serupa pernah dialami oleh smartphone unggulan karya Samsung, yaitu Samsung Galaxy Note 7, memaksa raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut untuk melakukan proses recall perangkat sebanyak dua kali sebelum menghentikan penjualannya sama sekali.

Insiden Samsung Galaxy Note 7 tersebut pun dikaitkan dengan permasalahan yang dialami oleh iPhone 8 Plus. Namun berbeda dengan phablet Samsung keluaran 2016 tersebut, jumlah iPhone 8 yang bermasalah masih berada dalam kisaran normal untuk baterai lithium ion.

Kisaran kegagalan Galaxy Note 7 mencapai satu dari 20 ribu unit, sedangkan saat ini baru ditemukan dua iPhone 8 Plus bermasalah dari 20 juta unit yang diproduksi Apple. Untuk saat ini, dapat dipastikan bahwa tidak akan keterkaitan antara Samsung Galaxy Note 7 dan iPhone 8 Plus.


(MMI)