Facebook Ingin Buat Cara Mengetik Langsung dengan Otak

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 20 Apr 2017 16:41 WIB
teknologifacebook
Facebook Ingin Buat Cara Mengetik Langsung dengan Otak
Regina Dugan di konferensi F8. (TIME)

Metrotvnews.com: Facebook baru saja memperkenalkan proyek baru dari grup riset Building 8. Proyek ini bertujuan untuk membuat antarmuka otak-komputer yang memungkinkan Anda mengetik dengan otak. 

Regina Dugan, mantan Director DARPA dan mantan Head of ATAP dari Google, mengumumkan hal ini dalam konferensi developer F8 yang Facebook adakan di San Jose. Dugan, yang kini menjadi Pemimpin tim Building 8, mengatakan, tujuan dari proyek ini adalah memungkinkan otak untuk melakukan "klik". Hal ini akan mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi.

The Verge melaporkan, Dugan menyebut teknologi ini sebagai "mouse otak untuk AR". Itu berarti, ia bisa menjadi cara yang tepat untuk menerima input langsung dari otak saat menggunakan headset AR. Dengan begitu, perangkat AR ekstra untuk melacak gerakan tubuh tidak lagi diperlukan. Teknologi ini juga bisa digunakan oleh pasien yang mengalami kelumpuhan parah. 

Dugan menekankan, teknologi ini tidak akan melanggar privasi otak Anda. "Teknologi ini tentang menerjemahkan kata-kata yang telah Anda ingin bagikan dengan mengirimkannya ke bagian tengah dari otak Anda," tulis Facebook dalam pernyataan resmi. 

Facebook membandingkan proses ini dengn proses mengambil foto. "Anda mengambil banyak foto dan memilih foto mana yang akan Anda bagikan. Sama seperti itu, Anda memiliki banyak pikiran tapi hanya memilih untuk membagikan sebagian dari ide itu."

Saat ini, Facebook berkata, para peneliti di Stanford telah berhasil membuat sistem yang memungkinkan pasien lumpuh mengetik 8 kata per menit dengan otaknya. Tujuan akhir proyek ini, kata Dugan, adalah membuat sistem yang memungkinkan Anda untuk mengetik lebih cepat dari tangan, yaitu lebih dari 100 kata per menit.

Dugan berharap, teknologi ini tidak perlu ditanamkan ke dalam tempurung kepala seseorang. "Kami rasa, cara terbaik yang harus kami coba adalah optical imaging."


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

15 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.