Malware Ini Mata-Matai Ratusan Pengguna Mac

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 26 Jul 2017 10:00 WIB
applesecuritymacbook
Malware Ini Mata-Matai Ratusan Pengguna Mac
Ada malware yang menyerang pengguna Mac. (PCWorld)

Metrotvnews.com: Sebuah malware yang menargetkan pengguna Mac digunakan untuk memata-matai ratusan orang melalui komputernya. Dan keberadaan malware ini tidak pernah disadari selama bertahun-tahun. 

Setidaknya, begitulah yang dikatakan oleh peneliti keamanan Synack, Patrick Wardle, yang sempat berbicara dengan Ars Technica dan ZDNet terkait temuannya sebelum konferensi hacker Defcon. 

Menurut laporan Business Insider, malware Mac yang disebut Fruitfly ini pertama kali ditemukan pada bulan Januari. Pada bulan yang sama, Apple merilis patch untuk menambal lubang keamanan yang ada. 

Namun, Wardle telah menemukan varian dari malware tersebut. Disebutkan, malware ini memungkinkan hacker untuk mengendalikan komputer korban. Mereka bisa mengambil foto via webcam dan screenshot dari layar komputer, merekam tombol yang ditekan korban. dan lain sebagainya.

Jumlah korban dari malware ini telah mencapai hampir 400 orang. Kebanyakan korban berada di Amerika Serikat. Namun, ada kemungkinan jumlah korban malware ini lebih banyak dari itu. Wardle telah memberitahukan temuannya pada pihak berwajib. 

Sayangnya, masih belum jelas dalang di balik pembuatan malware ini, tapi Wardle memperkirakan, dia adalah seorang hacker yang ingin memata-matai orang untuk alasan jahat. 

"Ini menunjukkan bahwa ada orang-orang yang sakit mental yang menyerang pengguna Mac biasa untuk tujuan jahat," ujarnya pada Ars Technica. "Ada banyak pengguna Mac yang terlalu percaya diri dengan keamanan Mac mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa ada orang yang juga ingin meretas komputer mereka."

Lebih lanjut dia berkata, "Saya tidak tahu apakah penyerang ini hanyalah orang yang sedang bosan atau memiliki tujuan jahat... Tapi jika seorang remaja yang sedang bosan memata-matai saya, itu akan tetap meninggalkan trauma emosional pada saya. Dan jika mereka menyalakan webcam, itu adalah untuk tujuan jahat dan tak senonoh."

Secara keseluruhan, jumlah kasus malware yang menyerang Mac terus meningkat, naik 53 persen selama kuartal pertama 2017, menurut analisis dari McAfee. 


(MMI)

Video /