Malware Ini Mata-Matai Ratusan Pengguna Mac

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 26 Jul 2017 10:00 WIB
applesecuritymacbook
Malware Ini Mata-Matai Ratusan Pengguna Mac
Ada malware yang menyerang pengguna Mac. (PCWorld)

Metrotvnews.com: Sebuah malware yang menargetkan pengguna Mac digunakan untuk memata-matai ratusan orang melalui komputernya. Dan keberadaan malware ini tidak pernah disadari selama bertahun-tahun. 

Setidaknya, begitulah yang dikatakan oleh peneliti keamanan Synack, Patrick Wardle, yang sempat berbicara dengan Ars Technica dan ZDNet terkait temuannya sebelum konferensi hacker Defcon. 

Menurut laporan Business Insider, malware Mac yang disebut Fruitfly ini pertama kali ditemukan pada bulan Januari. Pada bulan yang sama, Apple merilis patch untuk menambal lubang keamanan yang ada. 

Namun, Wardle telah menemukan varian dari malware tersebut. Disebutkan, malware ini memungkinkan hacker untuk mengendalikan komputer korban. Mereka bisa mengambil foto via webcam dan screenshot dari layar komputer, merekam tombol yang ditekan korban. dan lain sebagainya.

Jumlah korban dari malware ini telah mencapai hampir 400 orang. Kebanyakan korban berada di Amerika Serikat. Namun, ada kemungkinan jumlah korban malware ini lebih banyak dari itu. Wardle telah memberitahukan temuannya pada pihak berwajib. 

Sayangnya, masih belum jelas dalang di balik pembuatan malware ini, tapi Wardle memperkirakan, dia adalah seorang hacker yang ingin memata-matai orang untuk alasan jahat. 

"Ini menunjukkan bahwa ada orang-orang yang sakit mental yang menyerang pengguna Mac biasa untuk tujuan jahat," ujarnya pada Ars Technica. "Ada banyak pengguna Mac yang terlalu percaya diri dengan keamanan Mac mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa ada orang yang juga ingin meretas komputer mereka."

Lebih lanjut dia berkata, "Saya tidak tahu apakah penyerang ini hanyalah orang yang sedang bosan atau memiliki tujuan jahat... Tapi jika seorang remaja yang sedang bosan memata-matai saya, itu akan tetap meninggalkan trauma emosional pada saya. Dan jika mereka menyalakan webcam, itu adalah untuk tujuan jahat dan tak senonoh."

Secara keseluruhan, jumlah kasus malware yang menyerang Mac terus meningkat, naik 53 persen selama kuartal pertama 2017, menurut analisis dari McAfee. 


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.