Apple Siapkan Prosesor Sendiri Untuk Mac

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 03 Apr 2018 10:26 WIB
appleintel
Apple Siapkan Prosesor Sendiri Untuk Mac
Prosesor buatan Apple pada iPhone X yang memiliki ciri khas logo Apple.

Jakarta: Posisinya sebagai perusahaan perangkat teknologi yang memiliki platform berbeda membuat Apple serba mandiri dalam menyediakan perangkatnya.

Dikutip dari Tech Crunch, Apple mengambil langkah dengan menyiapkan prosesor buatannya sendiri untuk perangkat Mac mereka menggantikan prosesor Intel yang selama ini ditanamkan di seluruh lineup perangkat Mac, baik iMac maupun MacBook.

Momen ini menjadi salah satu pertanda dominasi prosesor Intel di pasar PC mulai tergusur. Apple mulai berhenti menggunakan prosesor buatannya sendiri sejak tahun 2005. Kini Apple berencana untuk mulai menggunakan prosesor mandiri lagi mulai tahun 2020.

Dampaknya, saham Intel sempat anjlok cukup signifikan, sebesar sembilan persen sebelum naik kembali sebanyak enam persen. Beberapa pengamat bisnis melihat bahwa hal ini bukan ancaman serius bagi Intel karena pasar PC Apple terbilang kecil.

Mengutip data dari IDC disebutkan bahwa persentase Apple di pasat PC tradisional pada Q4 2017 hanya sebesar 7,3 persen.

Pihak Apple belum memberikan komentar atas kabar yang disebut berasal dari informan dalam di perusahaan tersebut. Hal yang sama juga dilakukan oleh pihak Intel.

Kabar lain yang diperoleh Tech Radar bahwa built-in house milik Apple telah menyiapkan prosesor pengganti Intel di lineup PC Apple yang memiliki nama kode "Kalamata". Belum diketahui detil spesifikasi dari prosesor tersebut, apakah mampu menciptakan prosesor yang lebih baik dari Intel atau justru lebih rendah.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.