Temani Spotify dan Apple, YouTube Pasang Layanan Musik

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 18 May 2018 16:28 WIB
youtube
Temani Spotify dan Apple, YouTube Pasang Layanan Musik
Google sediakan YouTube Music dan YouTube Premium. (AFP PHOTO / NICOLAS ASFOURI)

Jakarta: Google membagi layanan YouTube Red menjadi dua layanan, yaitu layanan streaming YouTube Music dan YouTube Premium.

YouTube Music menawarkan layanan bebas iklan dengan harga USD9,99 (Rp141 ribu) per bulan atau layanan gratis dengan iklan. Sementara YouTube Premium menawarkan konten premium dengan biaya berlangganan USD11,99 (Rp170 ribu) per bulan. 

YouTube Music adalah layanan Google untuk menyaingi Spotify. Aplikasi itu disebutkan memiliki desain yang telah dirombak dan music player untuk desktop. Keduanya didesain khusus untuk memutar musik.

Google mengatakan, salah satu keunggulan layanan mereka adalah karena ia menggabungkan semua versi sebuah lagu dan akses ke "ribuan" playlist, remix, cover, versi live dan juga video musik. 

Menurut laporan The Verge, kecerdasan buatan Google juga akan diintegrasikan ke YouTube Music. Google menajnjikan, aplikasi ini akan bisa menemukan lagu bahkan ketika pengguna hanya memasukkan liriknya atau deskripsi seperti "lagu hipster dengan siulan."



Fitur discovery menjadi fitur utama dari YouTube Music. Pada menu utama, aplikasi akan memberikan rekomendasi lagu baru berdasarkan musik-musik yang Anda dengarkan, lokasi dan aktivitas.

Misalnya, orang-orang yang senang pergi ke gym akan disajikan lagu yang bersemangat ketika mereka sedang berolahraga. 

Masalah harga, YouTube Music menawarkan biaya berlangganan yang sama dengan layanan streaming musik lainnya. Sama seperti layanan lain, YouTube Music berbayar menawarkan fitur seperti mengunduh dan pengalaman bebas iklan.

Semua orang yang sudah berlangganan Google Play Music akan mendapatkan YouTube Music. Sementara orang yang berlangganan YouTube Premium akan mendapatkan akses pada YouTube Music dan juga video dari YouTube Originals.

Google berjanji, mereka akan menambahkan daftar Originals dengan konten berupa film dan juga seri TV dengan berbagai genre seperti komedi, drama dan reality show. YouTube Music akan mulai diluncurkan pada 22 Mei pada pelanggan YouTube Red. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.