Duduk di Posisi Tiga Besar Global, Huawei Ingin Lebih Agresif

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 28 Jun 2018 10:05 WIB
huawei
Duduk di Posisi Tiga Besar Global, Huawei Ingin Lebih Agresif
Huawei.

Jakarta: Dalam sebuah video yang diunggah Huawei di platform video Weibo asal Tiongkok, Chief Executive Officer of Huawei Consumer Business Group Yu Chengdong memberikan ucapan selamat ulang tahun atas komunitas pengguna produk Huawei.

Lebih dari itu, Yu juga mengungkapkan bahwa Huawei akan mengirim lebih banyak lagi smartphone di tahun ini. Yu mengakui bahwa tahun lalu Huawei berhasil mengirimkan 150 uta unit smartphone, termasuk seri Honor ke berbagai belahan dunia.

Yu mengungkapkan bahwa Huawei menargetkan tahun ini akan mengirimkan lebih banyak smartphone lagi yakni sebanyak 200 juta unit. Hal ini mungkin berkaca dari posisi Huawei di pasar global termasuk beberapa kawasan yang berhasil duduk di posisi tiga besar.

Berdasarkan data dari firma riset Counterpoint, data mengenai pangsa pasar smartphone global di Q1 2018 dari total pengiriman produk Huawei tercatat menguasai pangsa sebesar 11 persen.

Di atasnya ada Samsung yang mendominasi pangsa pasar 22 persen dan disusul Apple sebanyak 15 persen. Di bawah Huawei ada beberapa merek lain seperti LG, Vivo, Oppo, dan Xiaomi.



Counterpoint juga menyabarkan posisi Huawei dalam pangsa pasar smartphone di Q1 2018 pada beberapa kawasan di dunia. Di pangsa pasara kawasan Eropa dan Amerika Latin serta Amerika Selatan posisi Huawei berhasil bertahan di peringkat ketiga sementara di kawasan Timur Tengah berada di posisi keempat.

Di Asia sendiri yang menjadi pasar dengan kompetisi ketat bagi vendor asal Tiongkok, Huawei berhasil menduduki peringkat satu dengan persentase pangsa pasar yang tidak berbeda jauh dengan Xiaomi, Samsung, dan Oppo.



Sayangnya, Huawei sama sekali tidak masuk dalam posisi lima besar di pasar Amerika Utara dan mungkin terlebih lagi di negara Amerika Serikat. Huawei dilarang berbisnis di negara tersebut karena alasan geopolitik.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.