Samsung Galaxy A6 dan A6+ Muncul, Seperti Apa?

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 07 May 2018 21:02 WIB
samsung
Samsung Galaxy A6 dan A6+ Muncul, Seperti Apa?
Samsung Galaxy A6 Meluncur

Bali: Samsung resmi meluncurkan generasi terbaru dari Samsung Galaxy A6 dan Galaxy A6+, mengunggulkan dukungan kamera ganda dan Live Focus. Fitur ini diklaim Samsung unggul dalam menyuguhkan hasil foto baik di kondisi pencahayaan redup.

"Samsung berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi guna menunjang pengalaman penggunaan yang baik bagi konsumen, terutama kaum milenial. Fitur premium Galaxy A6 dan A6+ hadir untuk menjawab kebutuhan kaum milenial," ujar Presiden Samsung Electronics Indonesia Jae Hoon Kwon.

Untuk kamera, Samsung membekali kamera belakang ganda Galaxy A6+ dengan lensa primer 16MP dan lensa sekunder 5MP, sedangkan kamera depannya mengusung lensa beresolusi 24MP. Berbeda dengan Galaxy A6+, Samsung tidak membekali Galaxy A6 dengan kamera belakang ganda.

Namun, Samsung mengklaim Galaxy A6 juga dapat menghasilkan foto berefek bokeh berkat Live Focus. Samsung membekali Galaxy A6 dengan kamera depan dan belakang beresolusi 16MP.

Kamera kedua smartphone ini juga mendukung fitur Face Recognition yang menjadi salah satu fitur keamanan.

Selain kamera, Samsung turut mengunggulkan bahan casis belakang ponsel cerdas ini yang menggunakan bahan metal, serta dukungan layar berdesain Infinity Display dan speaker earphone Dolby Atmos.

Desain tersebut diklaim tidak hanya akan mampu menghadirkan pengalaman penggunaan, juga menunjang penampilan pengguna.

Uniknya, Samsung turut menghadirkan dukungan Bixby Vision, diklaim sesuai untuk kaum milenial yg gemar menjelajah atau travel. Selain memberikan informasi dari lokasi yang dikunjungi, salah satu fungsi Bixby Vision memungkinkan menerjemahkan hingga 56 bahasa tanpa repot mengetik.

Samsung menghadirkan Galaxy A6 dan Galaxy A6+ dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, biru, dan emas. Keduanya dipasarkan seharga Rp3.799.000 untuk Galaxy A6 dan Rp4.899.000 untuk Galaxy A6+.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.