Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Suyadi, Kreator Si Unyil

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 28 Nov 2016 10:39 WIB
google
Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Suyadi, Kreator Si Unyil
Google Doodle hari ini.

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari ini, Google Doodle merayakan hari lahir Suyadi. Nama Suyadi mungkin terdengar asing di telinga Anda, tapi Anda pasti kenal dengan nama Pak Raden. Ya, pria yang lahir di Jember ini adalah pencipta Si Unyil. 

Si Unyil pertama kali tayang di stasiun TVRI mulai bulan April 1981 hingga tahun 1993. Setelah itu, ia tayang sejak bulan April 2002 hingga awal 2003 dalam dua stasiun televisi. Alasan Suyadi alias Pak Raden menciptakan Si Unyil adalah demi membuat acara yang mendidik untuk anak-anak di tahun 1980-an.

Suyadi sendiri adalah alumni Institut Teknologi Bandung, jurusan seni rupa. Pada tahun 1961 - 1963, dia meneruskan belajar animasi ke Perancis.

Selain sebagai kreator Si Unyil, Suyadi juga merupakan pembuat buku dan film animasi untuk anak-anak.

Dia pernah diminta oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjadi ilustrastor dari buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD.

Suyadi membuat buku pertamanya pada tahunn 1952, ketika dia masih duduk di bangku universitas. Sementara itu, buku terakhirnya, yang berjudul Petruk Jadi Raja, dia buat pada tahun 2008, ketika dia berumur 76 tahun.

Suyadi meninggal dunia di Rumah Sakit Pelni Petamburan pada 30 Oktober. Jenazahnya lalu dimakamkan di TPU Jeruk Purut keesokan harinya.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /