Prosesor Ryzen Sulit Dibongkar

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 12 Mar 2017 08:40 WIB
amd
Prosesor Ryzen Sulit Dibongkar
Proses delidding di prosesor Ryzen lebih sulit ketimbang prosesor lainnya

Metrotvnews.com: Bagi sebagian orang terutama pengguna kelas ekstrem, melepas pelat pendingin pada prosesor merupakan salah satu solusi agar mereka bisa mendinginkan prosesor lebih baik lagi.

Pelat prosesor memang seringkali dianggap "mengganggu" performa pendinginan dan dikatakan tidak mampu menghantarkan panas sebaik jika Anda menempelkan pendingin langsung ke chip prosesornya.

Tidak heran jika pengguna ekstrem sering melakukan teknik delidd atau melepas pelat pendingin di prosesor. Proses melakukan delidding memang harus dikerjakan dengan sangat hati-hati, terutama pada prosesor baru AMD Ryzen. 

Seorang YouTuber bernama der8auer dilaporkan harus mengorbankan tiga prosesor Ryzen 7 hingga ia berhasil melakukan delidding di prosesor tersebut. Menurut TechPowerUp, hal tersebut dikarenakan Ryzen 7 memang hadir dengan struktur rancang bangun yang berbeda dengan prosesor desktop lainnya.



Chip pada Ryzen dikatakan menempel kuat dengan pelat pendingin pada prosesor. YouTuber der8auer bahkan mengatakan chip dan pelat pendinginnya disolder secara langsung. Hal tersebut yang membuatnya kesulitan dalam melakukan delidding di prosesor Ryzen.

Meski demikian, struktur baru yang digunakan AMD kali ini memiliki dampak positif bagi pengguna mainstream. Karena chip prosesor dan pelat pendinginnya terhubung langsung, maka panas akan dapat disalurkan secara lebih optimal. der8auer mengatakan perbedaan suhu antara ketika Ryzen dipasang pelat pendingin tidak sebesar 2 derajat Celcius saja.




(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /