Hari Belanja Online Nasional, 78 Situs Belanja Menawarkan Diskon Besar

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 11 Dec 2014 13:59 WIB
hari belanja online nasional
Hari Belanja Online Nasional, 78 Situs Belanja Menawarkan Diskon Besar

Metrotvnews.com: Sebanyak 78 pelaku e-commerce di Indonesia siap menyongsong Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada tanggal 12 Desember 2014 besok. Mereka sangat optimistis akan memecahkan rekor jumlah rekor belanja online tahun ini.

"E-commerce akan mengubah wajah retailer di Indonesia, dan itu akan kita lihat di tahun 2015 mendatang. Besok akan ada banyak sekali orang Indonesia yang pertama kali belanja online. Untuk itu, kami harus siap untuk melayani konsumen agar tingkat kepercayaan konsumen semakin meningkat," ujar Andri Huzain, SVP Marketing and Bussiness Development, Lazada Indonesia yang memelopori Harbolnas di tahun 2012 lalu.

"Tujuan dari Harbolnas ini adalah untuk memberikan edukasi ke masyarakat Indonesia bahwa belanja online itu nyaman," tambahnya.

Sayangnya, penyelenggara tak berani memasang target tinggi. Mereka bahkan enggan mengungkapkannya kepada pers.

Hari Belanja Online Nasional dimulai sejak tahun 2012 dan diikuti oleh 6 partisipan. Seiring dengan berkembangnya e-commerce Indonesia yang sangat pesat, partisipan dalam Harbolnas pun meningkat tajam. Perkembangan tersebut diperkirakan akan terus tumbuh di tahun-tahun selanjutnya, seiring dengan akan hadirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Selain itu, tingkat kepercayaan konsumen kepada e-commerce yang terus meningkat merupakan salah satu faktor yang membuatnya tumbuh pesat. Harbolnas akan berlangsung pada tanggal 12 Desember 2014. Selama 24 jam, ke-78 situs e-commerce yang berpartisipasi dalam akan memberikan berbagai penawaran istimewa, salah satunya adalah diskon yang mencapai 90%.

Beberapa peserta Harbolnas antara lain, Lazada, Blanja.com, MNC Shop, GlobalTeleshop, erafone, dan Traveloka.




(ABE)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.