Menantikan AMD Radeon VII, Seperti Apa?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 04 Feb 2019 22:44 WIB
amdhardwarekartu grafisvga
Menantikan AMD Radeon VII, Seperti Apa?
Kartu grafis AMD Radeon VII.

Jakarta: Medcom.id hari ini diundang oleh AMD Indonesia, yang bersiap merilis kartu grafis terbaru mereka di dunia, yaitu AMD Radeon VII. Kartu grafis ini sudah diperkenalkan lebih dulu pada acara CES 2019 bulan Januari.

Oleh AMD, produk ini menjadi sangat spesial. Alasannya AMD Radeon VII menjadi kartu grafis pertama di dunia yang dibekali oleh GPU fabrikasi 7nm. GPU yang digunakan mengusung arsitektur Radeon Vega 20.

NVIDIA bahkan belum memiliki produk fabrikasi 7nm. Tidak heran AMD Radeon VII digolongkan sebagai kartu grafis kelas high-end. Hal ini terlihat dari kemasan paket penjualannya.



Hadir sebagai versi reference, kartu grafis AMD Radeon VII hadir dengan tiga kipas pendingin dan logo huruf R berlatar persegi warna merah di sudut kanan produk.

AMD Radeon VII ini hadir dengan balutan warna silver yang sudah menjadi warna khas pada sebagian produk kartu grafis AMD. Dari depan memang tampilan harus diakui Medcom.id biasa saja tapi masih elegan.



Pada bagian atas terdapat tulisan "Radeon" yang dilengkapi LED sehingga menyala saat kartu grafis ini digunakan. AMD sendiri belum memberikan informasi detil spesifiknya. Terlihat bahwa katu grafis ini menyediakan dua 8-pin PCIe power connector untuk pasokan daya listrik.

Beralih ke bagian belakangnya AMD Radeon VII dilengkapi dengan back plate. Pada bagian output port terlihat bahwa kartu grafis ini memiliki tiga DisplayPort dan satu port HDMI.



Berdasarkan informasi di situs resmi dan presentasi AMD saat CES 2019, AMD Radeon VII memiliki 3840 stream processor dengan memory bandwidth 1TB per detik, serta menyediakan VRAM besar di kelasnya, 16GB. Kartu grafis ini juga disebut sudah mendukung AMD FreeSync2 HDR.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.