BlackBerry Bakal Jualan Android?

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 28 Aug 2017 14:35 WIB
blackberry
BlackBerry Bakal Jualan Android?
Blackberry dilaporkan akan segera meluncurkan sistem operasi menjanjikan keamanan, bernama BlackBerry Secure.

Metrotvnews.com: BlackBerry dilaporkan tengah dalam tahap diskusi dengan sejumlah produsen smartphone untuk menyediakan sistem operasi Android aman, sebagai bagian dari fase kedua dari strategi lisensinya.

India Times melaporkan, sistem operasi ini akan mengusung nama BlackBerry Secure, yang akan dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang dapat ditemukan pada smartphone bermerek BlackBerry.

BlackBerry Senior Vice President, General Manager, Mobility Solutions, Alex Thurber menyebut perusahaannya tengah menangani sejumlah kontrak yang diperkirakan akan segera diumumkan. Dengan kesepakatan lisensi tersebut, manufaktur smartphone dapat meluncurkan produk sendiri dengan fitur keamanan, dan sistim operasi Android versi aman dan pribadi karya perusahaan asal Kanada tersebut.

Optiemus, distributor ponsel mobile dan aksesori, pada awal tahun ini menandatangani kesepakatan lisensi berdurasi 10 tahun dengan BlackBerry. Dengan kesepakatan ini, Optiemus memiliki hak eksklusif terkait desain, manufaktur dan penjualan merek smartphone ikonik tersebut, selain menghadirkan dukungan konsumen di India dan sejumlah negara tetangga seperti Bangladesh, Nepal dan Sri Lanka.

BlackBerry juga memiliki kesepakatan serupa dengan BB Merah Putih untuk pasar India, dan TCL Tiongkok untuk pasar lain di dunia. Perusahaan Kanada ini juga menyebut melihat peluang besar di ranah Enterprise of Things (EoT), dan tengah berupaya menghadirkan sistem operasi aman karyanya untuk telvisi, perangkat wearable dan perangkat medis.

Eksekutif BlackBerry juga menyebut, perangkat terhubung memiliki komputer yang dapat diretas dan dimanfaatkan untuk serangkan siber. Hal ini mendorongnya untuk meyakini pentingnya menghadirkan keamanan ke dalam seriap elemen EoT.

Pada awal bulan Agustus ini, BlackBerry meluncurkan KeyOne Limited Edition Black berkait kerja samanya dengan Optiemus di India. Sementara itu, pasar India dinilai sebagai pasar yang menarik dan kompetitif, dengan pengguna potensial berjumlah besar di wilayah pedesaan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.