Threadripper Awalnya Produk "Iseng" Insinyur AMD

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 07 Sep 2017 19:50 WIB
amd
Threadripper Awalnya Produk
Prosesor AMD Ryzen Threadripper

Metrotvnews.com: Masih ingat dengan Ryzen Threadripper yang merupakan prosesor High End Desktop (HEDT) generasi terbaru dari AMD? Prosesor tersebut memang diumumkan secara tidak terduga pada Computex 2017 kemarin dan membuat banyak pihak terkejut. Pada saat diumumkan, tidak ada yang mengira jika AMD bakal kembali tampil kembali di pasar HEDT yang selama ini dikuasai Intel.

Namun, ada cerita unik di balik pengembangan Ryzen Threadripper. Prosesor HEDT tersebut ternyata tidak hanya membuat konsumen dan media terkejut, tetapi juga membuat jajaran petinggi AMD kaget. Pasalnya, Threadripper awalnya bukan merupakan produk yang ada di dalam rencana AMD. Prosesor tersebut dikembangkan secara rahasia oleh insinyur AMD di sela-sela pekerjaannya ketika mengembangkan prosesor Ryzen.

"Threadripper pada awalnya bukan merupakan proyek yang masuk ke dalam roadmap AMD. Proyek pengembangannya lebih ke arah pribadi dan hanya dikerjakan sebagai kegiatan sampingan," ujar salah satu tim komunikasi AMD, Sarah Youngbauer, seperti dikutip dari Forbes. "Threadripper juga awalnya dikerjakan oleh kelompok insinyur dalam jumlah kecil dan yang mereka inginkan hanya sebuah prosesor kencang dari arsitektur Zen."

Adalah Intel yang sebenarnya membuat AMD memutuskan untuk membuat Threadripper produk sesungguhnya. Sebelum ada Threadripper, AMD hanya berencana merilis Ryzen dan Epyc. Namun keduanya tidak akan bisa menantang jajaran prosesor Intel di segala segmen. Intel masih memiliki Extreme Platform yang dirancang khusus untuk para enthusiast dan profesional.

Untuk menutup "celah" tersebut, AMD memutuskan untuk menggunakan proyek Threadripper dan menjadikannya prosesor HEDT. Sejauh ini, rencana AMD berhasil dan hingga saat ini Threadripper masih menjadi prosesor HEDT dengan konfigurasi core dan thread terbanyak yang pernah ada.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

3 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /