Melihat Fitur Baru di iOS 11

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 07 Jun 2017 16:53 WIB
apple
Melihat Fitur Baru di iOS 11
Berikut fitur baru yang dihadirkan oleh sistem operasi mobile terbaru Apple, iOS 11.

Metrotvnews.com: Diperkenalkan pada ajang Worldwide Developer Congress pada 6 Juni lalu, sistem operasi tebaru Apple, yaitu iOS 11, mengusung sejumlah fitur unggulan yang dapat dinikmati oleh perangkat mobile karyanya seperti iPhone dan iPad.

Apple menyebut sistem operasi tersebut akan mulai digulirkan ke perangkat mobile karyanya pada musim gugur mendatang atau pada bulan Oktober. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa pengguliran perangkat ini akan dimulai setelah peluncuran ponsel cerdas terbarunya, yaitu iPhone 8.

iOS 11 hadir dengan tampilan antarmuka berbeda pada perangkat tablet Apple yaitu iPad. Pada tablet ini tampilan dock menu Home serupa dengan dock pada macOS, dengan menghadirkan kemudahan mengakses aplikasi yang paling sering digunakan.

Perbedaan lain juga ditemukan pada AppSwitcher, memudahkan pengguna mengategorikan aplikasi, serta memanfaatkan fitur SplitView dan SlideOver. Apple juga menghadirkan dukungan untuk platform AR pada iOS 11.

Dukungan tersebut memungkinkan iPad dan iPhone untuk memanfaatkan aplikasi yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan obyek virtual, memanfaatkan kamera pada perangkat. Selain itu, iOS 11 juga didukung oleh integrasi dengan Apple Pencil lebih mendalam, melalui sejumlah aplikasi dan fungsi seperti Instant Markup, inline drawing dan lainnya.

Sistem operasi ini juga turut menghadirkan pembaruan pada asisten virtual karya Apple, yaitu Siri. Pada iOS 11, Siri akan mampu menghadirkan tanggapan lebih alami dan kontekstual, serta mampu menerjemahkan beberapa bahasa termasuk bahasa Inggris, Jerman, Italia, Perancis, Cina, dan Spanyol.

Tidak melupakan Apple Maps, iOS 11 mendukung fitur Indoor Mapping, memungkinkan pengguna menjelajahi peta lantai pada suatu gedung. Sayangnya, fitur ini baru dapat dinikmati oleh pengguna perangkat iOS di sejumlah wilayah di dunia.

Wilayah tersebut Boston, Chicago, Los Angeles, New York, Philadelphia, San Francisco, San Jose, Washington DC, Hong Kong, London, dan Tokyo. Namun, Apple berjanji akan segera menghadirkan fitur ini di wilayah lebih luas dalam beberapa bulan mendatang.

iOS 11 juga berbekal kemampuan untuk mensinkronisasikan pesan di iPhone secara langsung ke perangkat Mac. Sehingga tindakan yang dilakukan pada pesan di iPhone juga akan terjadi pada pesan di Mac. Apple juga merubah desain tab Control Center, yang pada iOS 11 terdiri dari sejumlah tab kecil dengan tampilan lebih menarik.

iOS 11 juga berbekal fitur yang mengintegrasikan Apple Pay dengan Cash Card, memungkinkan pengguna menyimpan uang langsung ke rekening bank saat melakukan transaksi P2P (person-to-person). App Store juga mengalami perubahan antarmuka dengan ketersediaan dukungan tab “Today” berisi aplikasi yang tengah populer.


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

21 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.