Ponsel Baru RAM 1GB, Smartfren: Masih Banyak Orang yang Mau Beli

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 27 Sep 2017 17:45 WIB
smartfren andromax
Ponsel Baru RAM 1GB, Smartfren: Masih Banyak Orang yang Mau Beli
Peluncuran Andromax terbaru di Jakarta, Rabu (27/9/2017)

Metrotvnews.com, Jakarta: Smartfren kembali meluncurkan smartphone terbaru yang dikemas dengan paket layanan koneksi internet 4G dengan harga terjangkau. Namun, ada hal yang menggelitik saat melihat spesifikasinya, yaitu hanya dibekali RAM 1GB.

Kita ketahui, kini industri smartphone tengah berlomba menciptakan spesifikasi semakin canggih. Salah satu komponen yang dikembangkan yaitu kapasitas RAM, yang fungsinya menjamin kelancaran kinerja perangkat saat membuka aplikasi di dalamnya.

Andromax A2 yang dibanderol seharga Rp849 ribu memiliki RAM 1GB, dan saat ini RAM smartphone sudah bisa mencapai 8GB. Ada juga anggapan RAM paling rendah saat ini menurut kebutuhan pengguna smartphone adalah 2GB.

Menurut Hartadi Novianto, Division Head Sourcing and Management Smartfren Telecom, anggapan tersebut tidak berlaku sepenuhnya bagi masyarakat Indonesia.

"Tujuan kita mendorong migrasi masyarakat Indonesia yang masih menggunakan feature phone ke smartphone dan dari koneksi 3G ke 4G. Makanya, kita kasih perangkat yang terjangkau dan sesuai kebutuhan mereka. Pengguna smartphone dan internet seperti kebanyakaan saat ini jelas berbeda dengan mereka yang masih menggunakan feature phone," jelas Hartadi.

Hartadi menjelaskan, mayoritas pengguna smartphone dan internet yang sudah menggunakan smartphone dengan di atas RAM 1GB dan lebih besar lagi adalah mereka yang sudah sangat masif menggunakan beragam aplikasi.

Berbeda dengan pengguna yang dalam tahap transisi dari feature phone ke smartphone pasti belum terlalu banyak aplikasi yang digunakan, Hartadi menyebutkan aplikasi media sosial atau komunikasi masih jadi aplikasi yang pasti digunakan.

"Lagi pula pengguna dalam proses migrasi dari feature phone ke smartphone kerap mengeluh soal kapasitas baterai dari smartphone yang jauh lebih cepat habis ketimbang smartphone. Kita mengerti karena smartphone pada dasarnya melakukan banyak kinerja, beda dengan smartphone. Supaya mereka bisa beradaptasi, ya kita kasih baterai Andromax A2 sebesar 4.000 mAh," tutur Hartadi.      


(MMI)