Ponsel Baru RAM 1GB, Smartfren: Masih Banyak Orang yang Mau Beli

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 27 Sep 2017 17:45 WIB
smartfren andromax
Ponsel Baru RAM 1GB, Smartfren: Masih Banyak Orang yang Mau Beli
Peluncuran Andromax terbaru di Jakarta, Rabu (27/9/2017)

Metrotvnews.com, Jakarta: Smartfren kembali meluncurkan smartphone terbaru yang dikemas dengan paket layanan koneksi internet 4G dengan harga terjangkau. Namun, ada hal yang menggelitik saat melihat spesifikasinya, yaitu hanya dibekali RAM 1GB.

Kita ketahui, kini industri smartphone tengah berlomba menciptakan spesifikasi semakin canggih. Salah satu komponen yang dikembangkan yaitu kapasitas RAM, yang fungsinya menjamin kelancaran kinerja perangkat saat membuka aplikasi di dalamnya.

Andromax A2 yang dibanderol seharga Rp849 ribu memiliki RAM 1GB, dan saat ini RAM smartphone sudah bisa mencapai 8GB. Ada juga anggapan RAM paling rendah saat ini menurut kebutuhan pengguna smartphone adalah 2GB.

Menurut Hartadi Novianto, Division Head Sourcing and Management Smartfren Telecom, anggapan tersebut tidak berlaku sepenuhnya bagi masyarakat Indonesia.

"Tujuan kita mendorong migrasi masyarakat Indonesia yang masih menggunakan feature phone ke smartphone dan dari koneksi 3G ke 4G. Makanya, kita kasih perangkat yang terjangkau dan sesuai kebutuhan mereka. Pengguna smartphone dan internet seperti kebanyakaan saat ini jelas berbeda dengan mereka yang masih menggunakan feature phone," jelas Hartadi.

Hartadi menjelaskan, mayoritas pengguna smartphone dan internet yang sudah menggunakan smartphone dengan di atas RAM 1GB dan lebih besar lagi adalah mereka yang sudah sangat masif menggunakan beragam aplikasi.

Berbeda dengan pengguna yang dalam tahap transisi dari feature phone ke smartphone pasti belum terlalu banyak aplikasi yang digunakan, Hartadi menyebutkan aplikasi media sosial atau komunikasi masih jadi aplikasi yang pasti digunakan.

"Lagi pula pengguna dalam proses migrasi dari feature phone ke smartphone kerap mengeluh soal kapasitas baterai dari smartphone yang jauh lebih cepat habis ketimbang smartphone. Kita mengerti karena smartphone pada dasarnya melakukan banyak kinerja, beda dengan smartphone. Supaya mereka bisa beradaptasi, ya kita kasih baterai Andromax A2 sebesar 4.000 mAh," tutur Hartadi.      


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.