Telkomsel NextDev Academy Digelar, Incar Peningkatan Kualitas Startup

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 14 Jul 2017 19:11 WIB
telkomseltelekomunikasistartup
Telkomsel NextDev Academy Digelar, Incar Peningkatan Kualitas Startup
Telkomsel kembali gelar NextDev 2017

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia merupakan pasar digital terbesar di Asia Tenggara. Setiap tahunnya, jumlah transaksi di pasar digital Indonesia mengalami peningkatan sebesar 40 persen. Sayangnya, startup pengembang aplikasi di Indonesia masih belum siap untuk memaksimalkan potensi yang ada tersebut. 

Menurut Telkomsel, salah satu alasannya adalah karena kemampuan yang kurang memadai. Beberapa alasan lainnya adalah karena akses startup ke pemerintah dan kalangan bisnis masih kurang, sulitnya bagi startup memperoleh fasilitas dan platform digital dan kurang pengetahuan tentang standar internasional. Untuk mengatasi masalah itu, Telkomsel berinisasi untuk membuat NextDev Academy.

"The NextDev Academy kami gelar untuk meningkatkan skalabilitas social technopreneurs melalui pengembangan diri dan peningkatan kemampuan di bidang research and customer development, design sprint, branding, product development, serta business model and bootstrapping," kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah.

"Melalui ajang ini, kami mengajak anak muda Indonesia untuk bergerak bersama melalui ide dan inovasi untuk memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat.” 

Telkomsel menjelaskan, tujuan dari diadakannya NextDev Academy adalah untuk meningkatkan kualitas aplikasi yang diciptakan oleh startup yang menjadi finalis The NextDev 2015 dan 2016. Ajang yang diadakan selama bulan Juli-Oktober ini akan diikuti oleh 32 tim. Semua tim tersebut harus melalui melalui 5 tahapan yaitu Assessment, Engagement, Enhancement, Establishment, dan Inauguration. 

Diharapkan, setelah melalui tahapan itu, startup akan mendapatkan masukan yang sesuai sehingga mereka bisa mengembangkan aplikasinya dengan lebih efektif. 

Dari 32 tim yang ikut dalam Academy, akan dipilih 2 startup sebagai pemenang. Kedua pemenang tersebut akan mendapatkan hadiah berupa publisitas, kantor virtual, kesempatan untuk mengembangkan jaringan di ekosistem startup digital dan juga uang. Tidak berhenti sampai di situ, peserta NextDev Academy akan mendapatkan bimbingan dari beberapa mentor.

Mentor ini merupakan para ahli di berbagai bidang, mulai dari desain, tren pasar, pitching hingga pendanaan. Mereka juga bergerak di berbagai industri seperti fesyen, transportasi, agrikultur, edukasi, UKM, pariwisata dan manajemen sampah.


(MMI)