Samsung Galaxy C10 Punya 2 Kamera Belakang?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 19 May 2017 14:24 WIB
samsung
Samsung Galaxy C10 Punya 2 Kamera Belakang?
Bocoran gambar Galaxy C10. (SlashLeaks)

Metrotvnews.com: Mengingat Galaxy S8 tidak dilengkapi dengan dua kamera belakang, muncul dugaan fitur tersebut baru akan muncul pada smartphone premium Samsung berikutnya, Galaxy Note 8. Namun, ada kemungkinan fitur itu akan muncul terlebih dulu di ponsel lain buatan Samsung.

Ponsel seri C berikutnya, yang diduga bernama C10, dikabarkan akan dilengkapi dengan dua kamera belakang. Jika spekulasi ini benar, maka ia akan menjadi ponsel pertama dari Samsung yang memiliki 2 kamera belakang dan bukannya Note 8, yang juga dikabarkan akan memiliki dual kamera.

Rumor ini menguat setelah beredarnya berbagai gambar render dan gambar casing yang menunjukkan C10 dengan dua kamera belakang. Namun, gagal mengonfirmasi kebenaran rumor ini, CNET menyarankan untuk tidak langsung percaya begitu saja dengan rumor tersebut, terutama karena sekarang, Samsung masih menolak untuk berkomentar.

Dua kamera belakang mulai banyak muncul di berbagai smartphone flagship, seperti Apple iPhone 7 Plus, LG G6 dan Huawei P9. Meskipun ada tren baru ini, Samsung masih belum merilis ponsel dengan dua kamera belakang. 

Itu bukan berarti Samsung tidak tertarik untuk membuat smartphone dengan dua kamera belakang. Ada bukti yang menunjukkan bahwa perusahaan asal Korea Selatan ini tertarik untuk mengembangkan ide itu. Pada bulan Maret, Samsung mengunggah tweet, menyebutkan bahwa prosesor Exynos 9 miliknya telah mendukung dua kamera. 

Sebelum ini juga sempat beredar gambar prototipe Galaxy S8 yang menunjukkan dua kamera belakang pada perangkat tersebut, meski fitur itu dihilangkan dari versi akhir Galaxy S8.

Memang, Galaxy S dan Note adalah jajaran ponsel Samsung yang paling populer. Tapi, dari segi spesifikasi, jajaran Galaxy C juga tidak kalah dari kedua lini tersebuit. Misalnya Galaxy C9 Pro. Ia merupakan ponsel Samsung pertama yang memiliki RAM 6GB. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.