Smartwatch Ini Punya Fungsi Kamera 360

Cahyandaru Kuncorojati    •    Sabtu, 16 Sep 2017 22:03 WIB
teknologireview wearable
Smartwatch Ini Punya Fungsi Kamera 360
Fitur kamera putar 360 derajat pada jam tangan pintar Arrow.

Metrotvnews.com: Kamera 360 bisa menjadi sebuah tren terbaru untuk smartwatch, setelah startup bernama Arrow merilis jam tangan pintar yang bagian bingkainya terdapat kamera yang bisa berputar 360 derajat. 

Perlu diketahui bahwa kamera 360 derajat ini bukan menghasilkan foto atau video dalam format 360. Kamera ini bisa berputar 360 derajat mengikuti bezel. Tentu saja, membuat penggunaan kamera pada smartwatch lebih leluasa, bisa untuk mengambil foto selfie dan video seperti action cam dengan lebih mudah. 

Startup yang berbasis di Loas Angeles, Amerika Serikat ini mendaftarkan proyeknya untuk memperoleh pendanaan lewas situs crowdfunfing Indiegogo. Saat ini mereka sudah masuk tahap produksi dan memperoleh pendanaan hingga 800 persen dari target yang dipasang. 

Dijelaskan bahwa Arrow tidak akan menggunakan sistem operasi Android maupun iOS pada perangkat. Mereka akan menggunakan sistem operasi sendiri yang bernama Arrow Wear OS, sehingga bisa kompatibel dengan aplikasi berbasis Android maupun iOS. 

Sebagian besar yang dibawa pada jam tangan pintar ini memang masih serupa dengan kebanyakan fitur pada jam tangan lainnya. Namun, keunggulannya adalah pada kamera yang bisa diputer 360 derajat. Kamera yang melekat memiliki resolusi 5MP, tetapi untuk perekaman video, kamera ini bisa menghasilkan kualitas video beresolusi 1080p. 

Setiap foto dan video yang dihasilkan bisa dilihat langsung pada panel layar OLED, dan disimpan pada memori internal sebesar 8GB. Otak jam tangan pintar ini disebut menggunakan prosesor MediaTek MTK6480 quad-core berduet RAM 768MB. Tersedia juga konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth.

Meskipun sudah mengantongi sertifikasi IP65 untuk daya tahan, jam tangan pintar ini masih belum memiliki kemampuan anti-air. Baterai yang dibenamkan berkapasitas 400 mAh juga hanya mampu bertahan selama 20 jam dengan kondisi semua fiturnya aktif. 

Rencananya, jam tangan pintar dengan kamera putar 360 derajat ini akan dirilis pada Februari 2018 ke pasar dengan harga USD150 atau setara Rp2 juta. 




(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.