YouTube Kini Bisa Kirim Pesan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 08 Aug 2017 12:14 WIB
youtube
YouTube Kini Bisa Kirim Pesan
YouTube akan menambahkan fitur baru. (Shutterstock)

Metrotvnews.com: YouTube meluncurkan fitur pengirim pesan di aplikasi mobile. Sebelum ini, fitur tersebut telah diuji di beberapa negara. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan video pada teman dan mengobrol di tab baru pada aplikasi mobile. Dengan begitu, YouTube kini juga memiliki fungsi layaknya aplikasi messenger. 

Menurut TechCrunch, fitur ini telah diuji sejak pertengahan tahun lalu. Pada awal tahun ini, fitur tersebut telah tersedia di Kanada. Kemudian, fitur ini juga diluncurkan di sebagian negara di Amerika Latin. Dari masukan yang mereka dapat dari pengujian awal jangka panjang ini, YouTube merasa mereka telah siap untuk meluncurkan fitur messaging pada pengguna di dunia. 



Peluncuran fitur baru ini akan dimulai hari ini, tapi ia baru akan bisa digunakan oleh semua pengguna YouTube di dunia dalam beberapa hari ke depan. Sejak fitur ini diuji, YouTube menyebutkan bahwa mereka telah membuat beberapa perubahan pada antarmuka, termasuk tampilan antarmuka chat. Selain itu, mereka juga membuat agar video tetap terlihat di bagian atas ketika pengguna melakukan scroll down

YouTube juga memperkenalkan kemampuan untuk membalas dan mengobrol ketika pengguna menonton video, yang membuat fitur ini terasa seperti real-time. Namun, YouTube belum mengintegrasikan emoji atau fitur untuk menonton bersama yang ada dalam aplikasi uji coba YouTube, yang disebut YouTube Uptime. 

Tujuan dari pengembangan fitur ini adalah untuk memastikan agar obrolan terkait video terjadi di YouTube dan bukannya di aplikasi pengirim lainnya. Namun, masih belum diketahui seberapa sukses YouTube melakukan hal ini. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.