Quark dan Valve Garap HTC Vive Versi Nirkabel

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 12 Sep 2016 10:45 WIB
Quark dan Valve Garap HTC Vive Versi Nirkabel
Headset virtual reality HTC Vive

Metrotvnews.com: Perusahaan Bulgaria bernama Quark mengumumkan kerja sama dengan Valve untuk merilis HTC Vive versi wireless.

Headset virtual reality versi nirkabel tersebut akan memanfaatkan koneksi WiFi untuk transmisi gambar dari PC ke perangkat. Menurut The Verge, Quark juga mengatakan, mereka hampir selesai membuat versi prototipe yang kemungkinan muncul dalam waktu dekat.

Salah satu kendala menggunakan headset VR seperti HTC Vive adalah adanya kabel yang harus terhubung ke PC. Kabel tersebut seringkali menghalangi dan mengganggu gerakan pemain saat memainkan game VR menggunakan HTC Vive.

HTC dan Valve memang memberikan memberikan kabel yang cukup panjang di perangkat Vive, namun adanya kabel masih membuat headset VR tersebut kurang nyaman digunakan.

Teknologi WiFi mungkin dapat menjadi solusi untuk mengeliminasi penggunaan kabel di HTC Vive. Meski demikian, ada berbagai batasan yang membuat headset VR masih belum bisa hadir dengan teknologi WiFi. S

Salah satu penghalangnya adalah transmisi data yang ada di perangkat WiFi saat ini masih belum cukup kencang untuk mentransfer tampilan game VR dengan lancar.

Tidak hanya itu, sinyal WiFi juga mudah terganggu oleh sinyal wireless lain yang tentu saja dapat berimbas pada performa. Masalah tersebut sedang diteliti dan dicari jalan keluarnya. Mungkin saja kita akan melihat lahirnya teknologi WiFi baru sebelum HTC Vive versi wireless beredar di pasar.
(MMI)

Video /