Semakin Pintar, Robot Atlas Kini Bisa Salto Belakang

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 18 Nov 2017 20:02 WIB
robot
Semakin Pintar, Robot Atlas Kini Bisa Salto Belakang
Robot Atlas saat melakukan backflip (Boston Dynamics)

Metrotvnews.com: Melakukan bakcflip atau loncat sabil memutarkan badan 360 derajat ke belakang memang tidak bisa dilakukan sembarangan.

Bahkan seorang akrobatik profesional juga masih memiliki resiko mengalami kecelakaan. Namun, bagaimana jika sebuah robot bisa melakukannya dengan sempurna? Kemampuan tersebut yang kini dimiliki oleh robot dari Boston Dynamics.

Melalui sebuah video yang diunggah di YouTube, Atlas kini bisa melakukan berbagai manuver gerakan baru. Manuver tersebut di antaranya adalah loncat dari satu tempat ke tempat lain yang memiliki ketinggian sama, serta loncat dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi. Semuanya dilakukan dengan sangat baik.

Yang mengejutkan adalah bagian akhir video, yaitu saat Atlas membalikkan badannya dan melakukan backflip layaknya atlet profesional.

Gerakan tersebut tentu sangat sulit dicapai untuk sebuah robot. Atlas merupakan robot pertama di dunia yang bisa melakukan gerakan tersebut.



Sebelumnya di awal tahun 2016, Atlas diperlihatkan sudah bisa berjalan di medan tidak stabil seperti salju, dan dapat mengangkat benda lalu menaruh dan menyusunnya di sebuah rak.

Atlas juga pernah "disiksa" dengan cara didorong ke depan dan belakang. Hebatnya, robot tersebut mampu menjaga keseimbangannya dengan sangat baik. Meskipun harus tersungkur ketika didorong ke depan, Atlas dengan sigap bisa bangkit kembali.

Bagaimana menurut Anda mengenai robot pintar yang satu ini?


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.