Qualcomm dan Microsoft Siap Rilis Laptop Prosesor Snapdragon

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 27 Feb 2018 17:30 WIB
mwc 2018
Qualcomm dan Microsoft Siap Rilis Laptop Prosesor Snapdragon
Pengumuman kerja sama Qualcom dan Microsoft lewat Always Connected PC yang disampaikan beberapa bulan lalu di acar Qualcomm.

Jakarta: Qualcomm mengumumkan laptop-laptop yang menggunakan prosesor mereka sudah siap didistribusikan ke ritel.

Untuk hal ini, Qualcomm menyatakan telah menggandeng Microsoft untuk mulai menawarkan berbagai jenis Always Connected PC dengan Windows 10 yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon Mobile PC Platform.

"PC Windows 10 baru yang didukung oleh Snapdragon Mobile PC platform telah dioptimalkan untuk menghadirkan fitur komputasi mobile yang baru dan inovatif," ungkap Vice President Global Product Marketing Qualcomm Don McGuire. 

Dia menyebutkan teknologi akan menghadirkan fitur smartphone terbaik ke dalam laptop konsumen, di antaranya kecepatan koneksi internet yang bisa mencapai GB, konektivitas yang selalu terhubung, fungsi yang lebih instan, dan daya tahan baterai seharian penuh dalam desain perangkat yang tipis dan convertible.

Dalam rilis yang dibagikan Qualcomm, disebutkan bahwa deretan produk laptop Always Connected PC dengan Windows 10 yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon Mobile PC Platform pertama kali akan ditawarkan ritel di kawasan Amerika Serikat oleh Amazon.com dan Microsoft Stores.

Australia oleh Microsoft Store, Tiongkok lewat JD.com, Italia dari Unieuro, di Prancis melalui Boulanger dan Fnac, dan terakhir di Inggris lewat ritel Asus Store, BT Shop, John Lewis, Microsoft Store, PC World.

Tidak kurang sudah ada empat vendor yang memamerkan laptop berteknologi Always Connected PC dengan Windows 10 yang ditenagai Snapdragon 835.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.