Instagram Punya 25 Juta Akun Bisnis, Mayoritas UKM

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 04 Dec 2017 18:15 WIB
instagram
Instagram Punya 25 Juta Akun Bisnis, Mayoritas UKM
Instagram mengumumkan kini telah memiliki 25 akun bisnis, yang didominasi oleh usaha kecil menengah.

Jakarta: Instagram mengumumkan komunitas bisnis pada jejaring sosial miliknya telah mencapai 25 juta akun, dan didominasi oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jumlah tersebut meningkat dari total jumlah akun pada tahun lalu, yaitu 15 juta akun.

Instagram turut mengumumkan bahwa saat ini 8.000 juta akun aktif setiap bulannya, guna terhubung ke akun bisnis yang disukai. Instagram juga mencatat, sebanyak 80 persen akun Instagram mengikuti satu akun bisnis.

Selain itu, sebanyak 200 juta pengguna dari 80 persen akun tersebut telah mengunjungi profil bisnis secara aktif setiap harinya. Berdasarkan data yang dihimpun Instagram dengan akhir pada bulan November lalu mencatat sebesar dua pertiga kunjungan ke profil bisnis dilakukan oleh akun bukan pengikut.

Satu dari tiga UKM di Instagram menyebut platform jejaring sosial tersebut menjadi wadah yang sesuai untuk membangun bisnis mereka. Instagram diakui UKM tersebut idak hanya menjadi lokasi untuk menemukan informasi, tapi juga tempat untuk melakukan aktivitas bisnis.

Sementara itu, guna meningkatkan potensi untuk ditemukan oleh konsumen, akun bisnis dinilai Instagram perlu memperhatikan beberapa hal. UKM perlu memperhatikan tag lokasi dan tagar, serta memanfaatkan fitur Explore yang tersedia di platform tersebut.

Sebelumnya,  Instagram tengah menguji sejumlah fitur baru termasuk kemampuan mencari GIF untuk diunggah ke Stories pengguna. Selain itu, Instagram juga tengah menguji daftar teman dekat dengan kemampuan khusus.

Instagram juga mengumumkan fitur baru untuk aplikasi mobile karyanya, bertajuk "remixing". Fitur ini melibatkan editing foto yang dikirimkan rekan melalui Direct Message, menggunakan stiker dan teks dan gambar khusus.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.