Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Sir William Henry Perkins, Siapa Dia?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 12 Mar 2018 10:04 WIB
internetgoogle
Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Sir William Henry Perkins, Siapa Dia?
Google Doodle hari ini.

Jakarta: Google merayakan ulang tahun Sir William Henry Perkins yang ke-180 dengan Doodle hari ini. Perkins adalah seorang ahli kimia asal Inggris yang secara tidak sengaja menemukan cara untuk membuat cat sintetis.

Ketika dia masih berumur 18 tahun, Perkins bekerja sebagai asisten di laboratorium. Saat dia membersihkan kotoran pada gelas kimia setelah eksperimen yang gagal, dia sadar bahwa bahan tersebut meninggalkan warna ungu terang ketika dicampur dengan alkohol.

Menurut penjelasan Google di halaman Doodle miliknya, Perkins kemudian fokus untuk mempatenkan, membuat dan menjual cat berwarna ungu itu, yang dia namai "mauveine".

Menariknya, waktu Perkins untuk menemukan cat berwarna ungu sangat tepat, mengingat ketika itu, baju berwarna ungu memang banyak dicari.

Sayangnya, baju berwarna ungu tidak hanya berharga mahal, tapi warnanya cepat pudar. Berkat mauveine buatan Perkin yang murah dan tahan lama, baju berwarna ungu menjadi mudah untuk ditemukan.

Hal itu membuat masyarakat semakin tergila-gila dengan fesyen berwarna ungu. Dalam Doodle hari ini yang dibuat oleh ilustrator asal Inggris, Sonny Ross, ditunjukkan bahwa Ratu Victoria juga menggunakan gaun berwarna ungu pada Royal Exhibition pada 1982. 

Setelah sukses mengomersilkan cat mauveine yang dia temukan, Perkins kemudian kembali untuk melakukan riset di laboratorium. Dia mendapatkan gelar Sir pada 1906, 50 tahun setelah dia menemukan cat berwarna ungu. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.