Jadi Wadah Transfer Data Cepat, SHAREit Ajak Konsumen Tinggalkan Bluetooth

Mohammad Mamduh    •    Kamis, 16 Nov 2017 19:27 WIB
aplikasi
Jadi Wadah Transfer Data Cepat, SHAREit Ajak Konsumen Tinggalkan Bluetooth
Ilustrasi: 9to5Mac

Metrotvnews.com, Jakarta: Perkembangan revolusi di bidang teknologi, terutama kehadiran perangkat mobile dan berbagai aplikasi pendukungnya mampu membawa berbagai kemudahan dalam kehidupan.

Pengguna perangkat mobile saat ini kian meningkat, sampai-sampai banyak orang yang menggunakan beberapa gadget demi membantu tugas sehari-harinya. 

Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2016, 34 persen pengguna perangkat mobile di Indonesia menggunakan dua buah perangkat.

Sebanyak 12 persen menggunakan tiga buah perangkat, sementara 4,2 persen orang Indonesia menggunakan tiga dan empat buah perangkat untuk menunjang aktivitas sehari-hari, termasuk berselancar di internet.

Melihat data mengenai jumlah perangkat mobile yang digunakan tersebut, mengirimkan data antar perangkat kini merupakan salah satu hal yang sering kali dilakukan oleh pengguna perangkat mobile maupun PC.

Transfer data secara cepat antar perangkat merupakan peluang yang diincar SHAREit, aplikasi pengiriman file yang diklaim telah mempunyai satu miliar pengguna.

Dalam keterangan resminya, SHAREit memang melihat tren pengiriman data seperti foto berukuran antar perangkat yang sudah tidak mungkin dilakukan via Bluetooth. Oleh karena itu, mereka memanfaatkan jaringan Wi-Fi yang jauh lebih cepat.

"Aplikasi kami bisa melakukan transfer data 20MB per detik," ungkap perwakilan SHAREit.

SHAREit sendiri juga mengklaim dirinya sebagai aplikasi transfer data berukuran 5MB yang tidak terikat dengan platform dan data dengan format tertentu. Artinya, pengguna bisa memindahkan foto, video, audio, atau dokumen ke antar platform seperti dari iOS ke Android atau ke PC langsung. 
  
Pihak SHAREit juga menyebut telah membuat antarmuka yang sesederhana mungkin, termasuk menyediakan setidaknya hingga 39 bahasa dan pencarian perangkat lain secara otomatis, demi menghapus pakem melakukan transfer data selain lewat Bluetooth adalah hal yang cukup rumit. "Pengguna hanya perlu menekan tombol Send dan Receive."

Saat ditanya bagaimana dengan aspek keamanan karena menggunakan jaringan Wi-Fi, pihak SHAREit menekankan fitur keamanan via autentikasi dua arah, yang artinya jaringan terpaku pada dua perangkat yang terhubung. "Namun, kita juga pasang ShareZone untuk berbagi ke beberapa pengguna secara cepat."

Pihak SHAREit mengaku, sudah ada sekitar 700 juta file yang ditransfer setiap harinya via aplikasi tersebut, yang terdiri dari dokumen, foto, video, sampai aplikasi mobile.


(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

1 week Ago

Advan adalah produsen smartphone¬†lokal yang bisa dibilang pejuang sejati.¬†

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.