Kembangkan Chatbot Tanpa Coding, BJtech Ingin Bantu Semua Orang

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 02 Nov 2017 22:39 WIB
teknologistartup
Kembangkan Chatbot Tanpa Coding, BJtech Ingin Bantu Semua Orang
Booth BJtech pada perhelatan Tech in Asia Conference 2017 yang digelar pada tanggal 1 hingga 2 November 2017 di JCC Senaya, Jakarta.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menciptakan chatbot umumnya membutuhkan pemahaman tentang teknologi kecerdasan buatan untuk mengembangkan kemampuannya. Kini, pembuatan chatbot bisa jauh lebih mudah lewat platform buatan BJtech.

Dalam perhelatan Tech in Asia Conference 2017 yang digelar pada tanggal 1 hingga 2 November 2017 di JCC Senaya, Jakarta, BJtech memperkenalkan solusi chatbot mereka.

Proses pembuatan chatbot tidak lagi membutuhkan keahlian IT. Mereka yang ingin menggunakan platform buatan BJtech, cukup menyiapkan kerangka pertanyaan dan jawaban yang akan dilontarkan oleh chatbot ketika merespons lawan bicaranya.

Chief Executive Officer dan Co-founder BJtech, Diatce G. Harahap menuturkan bahwa pihaknya ingin agar teknologi chatbot bisa dipergunakan di berbgai jenis layanan untuk memudahkan customer menggunakan layanan yang ada serta bagi pemilik bisnis juga mampu menyediakan layanan yang lebih baik.

"Jadi sebuah bisnis kini bisa buka selama 24 jam, mereka punya tim customer yang siap siaga 24 jam. Bagi para pelaku bisnis chatbot bisa dipergunakan untuk marketing channel, customer service dan support, dan juga asisten pribadi bagi pelanggan sebuah bisnis," tutur Ace sapaan akrab Diatce.

Ace mengaku bahwa platform chatbot atau Artificial Intelligence Conversation Platform yang dikembangkan oleh BJtech tidak emmbutuhkan skill pemrograman khusus sehingga ke siapapun bisa memanfaatkan teknologi chatbot.

Langkah pertama yang perlu dilakukan pengguna adalah menentukan tujuan pembuatan chatbot itu sendiri. Penentuan tujuan dan fungsi chatbot ini akan berdampak pada langkah selanjutnya, yakni merancang alur percakapan hingga gaya bahasa dan gramatika yang digunakan.

Setelah itu, pengguna bisa langsung menghubungkan chatbot yang mereka buat agar bisa diimplementasikan di berbagai aplikasi pesan yang sudah ada seperti LINE, Facebook Messenger, Telegram, dan Twitter.

“Selain aksesnya mudah digunakan karena tidak perlu coding, dengan menggunakan BJtech juga dapat meningkatkan customer experience melalui alur percakapan yang dipersonalisasi. Tentunya penggunaan platform BJtech juga dapat mengurangi biaya dengan sistem menjawab otomatis tanpa memerlukan intervensi manusia, ” tutur Ace.

Salah satu produk pertama hasil kerja sama BJtech dengan korporasi bisnis adalah sebuah chatbot bernama Cinta yang merupakan personal intelligent banking pertama di Indonesia yang diciptakan untuk Bank Negara Indonesia (BNI).

Cinta sebagai personal intelligent banking dapat membantu nasabah dalam mengelola keperluan banking BNI mulai dari sharing info, registrasi produk-produk BNI, hingga aktivitas transaksi UnikQu menjadi lebih mudah dan cepat hanya melalui chatting.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

1 day Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /