Gelar Festival Belanja Tahunan, Alibaba Bawa Produk Indonesia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 04 Nov 2017 13:12 WIB
alibabae-commerce
Gelar Festival Belanja Tahunan, Alibaba Bawa Produk Indonesia
Alibaba Group CEO Daniel Zhang.

Metrotvnews.com: Alibaba Group menggelar 11.11 Global Shopping Festival, sebuah festival yang diadakan pada 11 November setiap tahunnya sejak 2009. Tahun ini, Alibaba akan menjadikan New Retail sebagai tema festival tersebut. Konsep tersebut menggabungkan elemen belanja online dan offline. 

Pada awalnya, Shopping Festival merupakan acara penjualan online selama 24 jam. Kini, festival tersebut berubah menjadi acara belanja yang berlangsung selama 24 hari. Menariknya, meskipun Alibaba dikenal sebagai situs e-commerce, festival tahun ini membiarkan pelanggan untuk berbelanja melalui situs online ataupun di pusat perbelanjaan. 

Alibaba menyebutkan, 500 juta orang di dunia dapat menikmati promosi dan penawaran dari 15 juta produk yang berasal dari 140 ribu merek yang Alibaba tawarkan. Masyarakat Indonesia sendiri bisa ikut menikmati festival ini melalui Lazada, yang sahamnya telah Alibaba beli sejak April 2016. 

Sementara itu, masyarakat Tiongkok sendiri juga cukup tertarik untuk membeli produk Indonesia. Biasanya, produk yang dibeli berupa makanan ringan seperti Chitato, Qtela dan Dua Kelinci dengan Kopi Luwak sebagai produk yang paling banyak dipesan. 

"11.11 Global Shopping Festival merupakan kolaborasi bisnis berskala besar yang menyatukan konsumen, pedagang, perusahaan logististik, institusi keuangan, toko online dan fisik, serta pusat perbelanjaan di dunia," kata Alibaba Group CEO Daniel Zhang. 

Alibaba akan bekerja sama dengan 52 pusat perbelanjaan untuk membuat 60 toko kecil dengan konsep New Retail di 12 kota di Tiongkok. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman baru pada pelanggan, seperti mencoba lipstik melalui teknologi Augmented Reality (AR), teknologi yang digunakan pada game Pokemon Go. 

Selain itu, ALibaba juga akan menggunakan aset media dan hiburan untuk meningkatkan konsumsi online pelanggan, seperti Catch the Cat. Dalam permainan ini, konsumen diminta untuk menangkap tokoh kucing yang menjadi maskot Tmall, salah satu marketplace di bawah Alibaba. Konsumen yang berhasil menemukan kucing itu dan memindainya dengan smartphone akan mendapatkan kupon promosi dan hadiah spesial. 


(MMI)