Tips & Trik

Cara Bersihkan Keyboard Laptop

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 09 Nov 2017 08:05 WIB
tips dan trik teknologi
Cara Bersihkan Keyboard Laptop
Berikut langkah yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan keyboard pada laptop Anda.

Metrotvnews.com, Jakarta: Laptop menjadi salah satu perangkat yang kian lekat dengan aktivitas komputasi masyarakarat. Keberadaan laptop tersebut juga dinilai semakin populer melebihi PC Desktop, akibat bentuknya yang ringkas dan memudahkan pemilik membawanya dalam perjalanan.

Namun, semakin populer menyebabkan perangkat ini kian sering digunakan pengguna. Bagian bodi laptop lebih mudah kotor, baik akibat debu maupun noda sidik jari yang melekat. Membersihkan laptop secara berkala sangat disarankan untuk menjaga kenyamanan pemilik dalam menggunakannya.

Berikut langkah yang perlu Anda dilakukan untuk membersihkan keyboard laptop sehingga lebih nyaman saat digunakan.

1. Nonaktifkan laptop Anda. Cabut sambungan charger dari soket listrik, dan pindahkan seluruh USB kabel atau ruang penyimpanan dari bodi laptop.



2. Untuk pembersihan sederhana, miringkan laptop ke arah depan. Ketuk perlahan bagian belakang. Tindakan ini ditujukan agar kotoran di sela-sela tombol keyboard jatuh.

3. Ambil sendok teh dan balut bagian ujung gagang dengan kain basah. Tarik sendok teh di sepanjang tepian tombol dan keyboard. Hal ini ditujukan untuk membersihkan debu dan kotoran.

4. Memanfaatkan vacuum cleaner untuk membersihkan tombol dan sela-selanya. Sebagai alternatif, Anda juga dapat memanfaatkan pengering rambut untuk membersihkan tombol keyboard. Namun, pastikan Anda mengulangi langkah nomor 2.

5. Jika masih memiliki permasalahan, lepaskan tombol laptop Anda. Anda perlu mengetahui tombol dapat dilepas dengan mencari merek dan tipe laptop yang digunakan. Untuk melakukannya, Anda perlu berhati-hati sebab tombol sering kali menggunakan bahan plastik rapuh.



6. Setelah melepas tombol, usap tombol kain basah ke tombol tersebut. Q-Tip juga dapat Anda gunakan, setelah merendam mereka pada cairan yang dapat menguap sehingga kelembaban tidak tertinggal di tombol keyboard.

7. Sematkan kembali tombol pada tempatnya. Terdapat tombol dengan kaki metal di bagian belakang, memudahkan tombol untuk ditempatkan ke tempatnya. Tombol lain hanya mengharuskan Anda untuk menekan bagian sudut.

8. Anda juga dapat mencuci tombol, meski cara ini lebih berpeluang untuk menghilangkan tombol tersebut.


Selamat mencoba!


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.