Film Studio Ghibli Terbaru Kurang Laku di Jepang

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 13 Oct 2016 09:11 WIB
poptech
Film Studio Ghibli Terbaru Kurang Laku di Jepang
The Red Turtle adalah film terbaru Studio Ghibli yang dibuat dengan studio lain.

Metrotvnews.com: Film terbaru dari Studio Ghibli, The Red Turtle tampaknya tidak terlalu populer di Jepang.

Film itu, yang disutradarai oleh animator asal Belanda, Michael Dudok de Wit, mulai tayang pada tanggal 17 September di Jepang. Yahoo Jepang melaporkan, ia gagal untuk masuk 10 besar box office.

Seperti yang dikutip dari Kotaku, dalam situs resminya, Studio Ghibli menyebut film itu sebagai "sukses besar", yang sayangnya merupakan deskripsi yang salah. Namun, film ini memang hanya memiliki waktu 2 hari untuk masuk ke dalam 10 besar box office.

Meskipun begitu, menurut Box Office Mojo, film BFG, yang juga mulai tayang di Jepang mulai tanggal 17 September, berhasil mendapatkan sekitar USD1 juta (Rp13 miliar). Tidak hanya itu, film Jepang, Ikari (Kemarahan) juga mulai tayang di Jepang pada tanggal yang sama dan berhasil mendapatkan lebih dari USD2.2 juta (Rp28,7 miliar).

Bahkan anime Kimi no Na wa (Namamu) berhasil mendapatkan sekitar USD10.5 juta (Rp137 miliar) dalam periode yang sama. Ia berhasil menduduki posisi 2 dalam box office.

Muncul pertanyaan mengapa film terbaru dari Studio Ghibli ini tidak terlalu sukses. Netizen yang berkomentar di situs populer seperti Girls Channel memberikan berbagai alasan mengapa mereka tidak tertarik untuk menonton film itu.

Salah satunya adalah karena film tersebut dibuat Studio Ghibli bersama dengan studio lain, karena itu, ia dianggap bukan film Studio Ghibli yang sebenarnya. Alasan lainnya adalah karena judul film itu tidak terdengar seperti film-film buatan Studio Ghibli sebelumnya.

"Tidak ada dialog di dalamnya. Saya pasti akan tertidur," kata salah satu netizen. Netizen lainnya berkata, "Film menjadi populer bukan karena Studio Ghibli, tapi karena Hayao Miyazaki."

Namun, hanya karena sebuah film tidak masuk ke dalam jajaran 10 besar box office, bukan berarti kualitasnya yang buruk. Miyazaki misalnya, mengatakan bahwa The Red Turtle membuatnya kagum. Namun, jika film itu tidak mendapatkan lebih banyak dalam waktu beberapa minggu ke depan, hal ini bisa mempengaruhi apa yang akan Studio Ghibli buat berikutnya.




(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

12 hours Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /