Disney Gunakan Robot Otonom Sebagai Stuntman

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 29 Jun 2018 09:16 WIB
walt disneypoptech
Disney Gunakan Robot Otonom Sebagai Stuntman
Robot Stuntronics Disney saat melakukan atraksi akrobatik di udara.

Jakarta: Perlombaan robot untuk memiliki kemampuan gerak layaknya manusia terus dilakukan. Salah satunya beberapa waktu yang lalu Boston Dynamics mengembangkan robot yang bisa melakukan lompatan ke belakang atau backflip.

Kini Disney menciptakan robot otonom dengan kemampuan akrobatik layaknya tokoh animasi Disney di seluruh film yang pernah mereka garap. Dikutip dari Tech Crunch, robot ini diberi nama proyek Stuntronics dengan panggilan Stickman.

Stuntronics adalah proyek pengembangan robot Disney yang bertujuan menciptakan stuntman untuk melakukan atraksi akrobatik ala tokoh animasi Disney di setiap anjungan atau wahana Disney. Artinya, mereka bisa melakukan beragam atraksi akrobatik berbahaya yang selama ini dilakukan manusia.

Principal R&D Imagineeer Toni Dogi mengatakan bahwa menginginkan sosok robot yang menampilkan atraksi sederhana yang sebernarnya bersifat statis. Dia ingin robot-robot ini bisa hidup dan benar-benar menggambarkan aksi karakter Disney seperti di dalam filmnya.



Alhasil robot-robot ini diberi kemampuan sebagai stuntman untuk melakukan akrobatik yang lebih agresif dan berbahaya, sehingga Disney tidak perlu panik saat mempekerjakan aktor mereka dalam adegan yang berbahaya.

Tentunya semua kemampuan tersebut pertama hadir dari beragam sensor yang dimiliki oleh robot, mulai dari giroskop, akselerometer, dan laser range finding untuk membaca jarak, sehingga robot Stuntronics bisa melakukan perhitungan yang akurat saat melakukan akrobat.

Tidak ketinggalan, desain humanoid dari robot ini juga dibuat semirip mungkin dengan manusia, sehingga gerak tubuh robot yang umumnya kaku bisa fleksibel atau berputar seperti gerak tubuh manusia dalam beberapa adegan akrobatik.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.