Komik RIXA Ingin Promosikan Kesetaraan Gender

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 14 Apr 2017 18:37 WIB
poptech
Komik RIXA Ingin Promosikan Kesetaraan Gender
Penelitian yang dilakukan oleh Haryadhi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah sempat hiatus selama 6 bulan, komik RIXA kembali hadir di komik Kosmik MOOK 2nd Orbit sejak Januari 2017. 

Komik hasil kerja sama Kosmik dengan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) ini bercerita tentang perjalanan seorang wanita Indonesia dalam mewujudkan cita-citanya untuk menjadi seorang astronot. Ialah Antariksa, wanita Indonesia pertama yang dikirim dalam sebuah misi ke luar angkasa yang menjadi tokoh utama dalam RIXA. 

Komik buatan Haryadhi ini dibuat dengan tujuan untuk mendorong generasi muda tertarik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Komik ini pernah menjadi ikon dalam kompetisi komik dan kartun untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan wanita.

Kompetisi tersebut diadakan oleh UN Women Indonesia bersama dengan Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Kedutaan Besar Negara-negara Uni Eropa pada akhir 2016.

"Tidak jarang saya melihat pendapat yang seakan membatasi ruang bagi perempuan untuk berperan. Saya membuat RIXA sebagai sosok perempuan mandiri yang cerdas dan inovatif yang bisa mendobrak pandangan ini," ujar Haryadhi.

"Saya harap komik ini bisa menginspirasi kita untuk lebih peduli pada isu kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan."

Dalam wawancara eksklusif dengan Kosmik, Communication Officer of UN Women Indonesia, Radhiska Anggiana mengatakan dia jatuh hati dengan komik RIXA sejak melihat sampulnya. Dia mengaku semakin tertarik ketika tahu bahwa Rixa bercerita tentang wanita Indonesia yang ingin menjadi astronot. 

"Semakin tertarik lagi setelah membaca, bagaimana Rixa, seorang perempuan yang ayahnya seorang buruh kebun, menghadapi segala tantangan untuk meraih cita-citanya sebagai seorang astronot perempuan," katanya. 

Untuk membuat komik RIXA, Haryadhi melakukan banyak riset, mulai dari membaca buku dan menonton film terkait teknologi luar angkasa hingga berkunjung langsung ke LAPAN. Selain itu, dia juga bekerja sama dengan Maximillian Fansyuri, seorang penggemar sains yang juga merupakan seorang kreator komik.


(MMI)

Motorola Moto M, Si Kelas Menengah yang Elegan dan Andal
Review Smartphone

Motorola Moto M, Si Kelas Menengah yang Elegan dan Andal

1 week Ago

Motorola Moto M menawarkan performa yang baik dalam hal multitasking, serta dalam desain e…

BERITA LAINNYA
Video /