Jika Disney Punya X-Men dan Fantastic Four, Ini Dampaknya ke MCU

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 06 Dec 2017 14:33 WIB
walt disneypoptechmarvel cinematic universe
Jika Disney Punya X-Men dan Fantastic Four, Ini Dampaknya ke MCU
Jika Disney mengakuisis aset Fox, maka itu akan berdampak pada industri film superhero. (Marvel)

Jakarta: The Walt Disney ingin mengakuisisi beberapa properti 21st Centery Fox, termasuk rumah produksi 20th Century Fox.

Disney dipercaya semakin dekat mendapatkan beberapa aset terpopuler Fox, seperti X-Men dan Fantastic Four. Ini bisa menjadi awal dari bergabungnya film superhero Fox ke Marvel Cinematic Universe. 

Sebagian penggemar khawatir jika ini terjadi, maka jumlah film superhero yang diluncurkan setiap tahunnya akan berkurang. Namun, CinemaBlend menyebutkan, hal ini bisa memberikan efek positif pada film-film adaptasi komik.

Jika Disney bertanggung jawab atas sebagian besar film Marvel, maka itu berarti, film yang diadaptasi dari komik non-Marvel akan memiliki kesempatan untuk tampil di layar lebar.

Memang, jumlah film superhero yang dibuat setiap tahun akan berkurang. Meski Disney seolah memiliki dana tidak terbatas, mereka juga memiliki proyek lain seperti Star Wars dan film live-action dari Lion King serta divisi animasi mereka. 

Meskipun begitu, dengan mendapatkan IP milik Fox seperti X-Men dan Fantastic Four, Marvel Studios -- yang ada di bawah Disney -- akan memiliki opsi yang lebih luas dalam membuat cerita. Walaupun, kecil kemungkinan Disney akan meluncurkan lebih dari 2-3 film MCU setiap tahunnya.

Jika ini benar, film-film superhero dari Fox yang sudah ditunggu-tunggu, seperti Deadpool 2 atau X-Men: Dark Phoenix, akan tertunda. Pada saat yang sama, itu berarti, studio yang lebih kecil bisa membuat film adaptasi superhero untuk mengisi slot yang kosong. 

Satu hal yang harus diingat, jika Disney memang mendapatkan IP Marvel milik Fox, ada kemungkinan film dengan rating dewasa seperti Deadpool dan Logan akan menghadapi masalah. Dan ini memang sesuatu yang disayangkan. Itu akan memberikan kesempatan pada seri komik yang lebih gelap untuk diadaptasi ke dalam film. 


(MMI)