Pasang Referensi Politik Jakarta, Kreator Marvel Asal Indonesia Dihukum

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 09 Apr 2017 09:57 WIB
poptech
Pasang Referensi Politik Jakarta, Kreator Marvel Asal Indonesia Dihukum
Gambar X-Men Gold. (Marvel Comics/Ardian Syaf, Jay Leisten, dan Frank Martin)

Metrotvnews.com: Marvel mengumumkan bakal menghapus sebagian gambar di X-Men Gold #1 dan juga akan mengambil langkah untuk mendisiplinkan kreator Ardian Syaf setelah mereka mengonfirmasi bahwa dia memasukkan referensi tentang konflik politik dan agama yang terjadi di Indonesia.

Menurut io9, melalui forum internet, para pembaca Indonesia menyebutkan bahwa ada sebagian panel di komik tersebut yang menunjukkan referensi tentang situasi politik/agama terkait Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. 

Salah satu referensi tersebut berupa kaos yang dikenakan oleh Colossus dalam pertandingan baseball antara anggota baru tim X-Men. Di kaos tersebut, tertulis "QS 5:51", yang mengacu pada Surat Al-Maidah ayat 51. Referensi lainnya berupa label "212" pada sebuah bangunan.





Dalam sebuah post Facebook, Syaf mengakui bahwa dia memang sengaja membuat referensi akan ayat Al-Quran dan aksi yang dilakukan pada tanggal 2 Desember di komik yang dia gambar setelah mengikuti aksi 212.

Kepada Comicbook.com, Marvel mengeluarkan pernyataan resmi. Mereka berkata, "Kami membiarkan gambar yang dimaksud di X-Men Gold #1 tanpa tahu maknanya. Referensi ini tidak mencerminkan pandangan penulis, editor atau siapapun di Marvel dan berlawanan dengan prinsip Marvel Comics yang bersifat inklusif."

Lebih lanjut, Marvel berkata, "Gambar ini akan dihapuskan dari versi yang dicetak berikutnya, versi digital dan kami akan mengambil langkah untuk mendisiplinkan."

Sayangnya, Marvel tidak menjelaskan langkah apa yang akan mereka ambil. Syaf adalah seorang artist bebas. Karena itu, masih belum diketahui apakah Marvel akan tetap meneruskan kerja sama mereka dengannya.


(MMI)

Tt eSPORTS Ventus Z, Eksentrik dan Kompetitif
Review Mouse

Tt eSPORTS Ventus Z, Eksentrik dan Kompetitif

2 days Ago

Walaupun tidak mirip Level 10M Advanced, Tt eSPORTS Ventus Z adalah mouse┬ájuga mengusung …

BERITA LAINNYA
Video /