Festival Comiket Kembali Dipadati Pengunjung

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 02 Jan 2017 14:11 WIB
poptech
Festival Comiket Kembali Dipadati Pengunjung
Suasana antrean di Comiket 91 (foto: Anime News Network)

Metrotvnews.com: Festival komik terbesar dunia, yaitu Comiket 91 telah selesai digelar. Festival yang rutin digelar setiap dua kali setahun di Jepang tersebut kembali dihadiri oleh ratusan ribu penggemar komik dan budaya pop.

Saking padatnya, pengunjung dilaporkan harus mengantre selama berjam-jam untuk mendapatkan barang yang dijual secara eksklusif di Comiket 91 kemarin.

Menurut Anime News Network, pengunjung Comiket 91 harus rela mengantre dan berdesakan selama berjam-jam untuk mendapatkan sebuah barang populer. Antrean bahkan dikatakan sempat tidak terkontrol hingga staf Comiket 91 tidak bisa memberikan batas ujung antrean karena desakan dengan pengunjung dan jalur antrean lainnya.



Hal tersebut membuat beberapa pengunjung mengeluh bingung ketika ingin mengantre karena ujung antrean tidak bisa terlihat. Selain itu, banyak dari pengunjung yang telah mengantre lama namun tidak mendapatkan barang yang diinginkannya karena sudah kehabisan.

Padahal, beberapa partisipan Comiket 91 kali ini sudah membatasi pembelian produk hanya satu buah per jenis barang untuk setiap orang.

Festival Comiket akhir-akhir ini memang sedang jadi sorotan para penggemar budaya pop di seluruh dunia. Pihak penyelenggara bahkan mengatakan Comiket 91 merupakan acara dengan jumlah pengunjung asing (pengunjung dari luar Jepang) terbanyak sepanjang sejarah Comiket.

Para pengunjung tersebut banyak yang telah datang sejak pukul 5.53 waktu setempat. Padahal Comiket 91 dibuka pada pukul 10.00.



Comiket 91 dikatakan berhasil menarik 550.000 pengunjung selama tiga hari penyelenggaraannya dari tanggal 29 hingga 31 Desember 2016 kemarin. Jumlah tersebut terdiri dari 170.000 pengunjung di hari pertama dan kedua, dan 210 ribu pengunjung di hari ketiga.

Selama penyelenggaraan Comiket 91, pihak panitia bahkan menyediakan pusat informasi khusus bagi pengunjung asing.

Comiket selanjutnya atau Comiket 92 akan digelar pada tanggal 11 hingga 13 Agustus 2017 mendatang.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.