GameStart Asia Bakal Digelar di Indonesia, Bareng AFAID

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 04 Mar 2018 16:09 WIB
gamespoptech
GameStart Asia Bakal Digelar di Indonesia, Bareng AFAID
Acara GameStart Asia 2017.

Jakarta: Anda mungkin tidak asing dengan acara budaya populer Jepang yang diadakan tahunan di Indonesia, AFAID (Anime Festival Asia Indonesia).

Organizer acara tersebut, SOZO yang berbasis di Singapura, mengumumkan strategi baru.
Dalam keterangan kepada Medcom.id, mereka menyatakan telah bergabung dengan Eliphant, penyelenggara acara gaming tahunan Asia Tenggara GameStartAsia untuk bisa menghadirkan konsep acara baru, dan membawa GameStart Asia ke Indonesia.

Konsep acara baru tersbeut berisi konten yang disebut ACG yakni akronim dari "Anime, Cosplay, Gaming" yang merupakan hasil perpaduan acara masing-masing organizer. SOZO sendiri dipercaya memimpin eksistensi di Indonesia berbekal pengalamannya menyelenggarakan AFAID sejak 2012.

"Asia Tenggara adalah pasar yang bertumbuh dengan cepat untuk konten gaming dan anime.Oleh sebab itu kerja sama ini akan mampu menghadirkan konten yang lengkap dan memanjakan fanbase di berbagai negara, ungkap Managing Director SOZO, dan Pendiri AFA Shawn Chin.

Hal senada juga diungkapkan CEO Eliphant dan Pendiri GameStart Asia Elicia Lee. Dia menyadari bahwa penggemar konten anime dan gaming beragam dan saling bersilangan, sehingga kerja sama ini akan sangat tepat.

Lee sendiri menyatakan sudah berencana menggelar ajang GameStart Asia di Indonesia tahunan serupa dengan acara AFAID. Belum diketahui kapan GameStart Asia di Indonesia akan digelar, tapi Eliphant dan SOZO telah menyatakan bernaung di kantor yang sama. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.