Indonesia Comic Con 2016

Mengintip Zona Game Klasik di Indonesia Comic Con 2016

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 02 Oct 2016 20:08 WIB
poptech
Mengintip Zona Game Klasik di Indonesia Comic Con 2016
Cosplayer sedang menjajal game klasik di Indonesia Comic Con 2016

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain penampilan artis dan kreator industri kreatif, Indonesia Comic Con 2016 juga memiliki satu hal unik lain.

Di salah satu bagian ajang budaya populer tersebut terdapat zona yang dikhususkan untuk memperkenalkan kembali berbagai perangkat game klasik yang pernah dirilis. Pengunjung dapat melihat berbagai konsol dan mesin arcade yang dirilis dari tahun 90an hingga awal tahun 2000an.



Zona yang bernama Arcade and Gaming Zone tersebut pun menarik banyak perhatian pengunjung. Berbagai konsol generasi pertama juga dipajang, mulai dari Super Ninteno Entertainment System (SNES), Sega Mega Drive, Atari LYNX, hingga PlayStation dan Xbox Pertama dipamerkan di zona ini.

Selain itu, terdapat juga beberapa konsol langka yang cukup sulit ditemukan di Indonesia, seperti Sega Dreamcast dan Nintendo Game Cube.

Selain dapat melihat berbagai koleksi konsol klasik, pengunjung juga bisa menjajal berbagai game di konsol klasik tersebut. Game yang dihadirkan juga beragam, mulai dari Super Mario Bros yang ada di SNES hingga Mortal Kombat dan Power Rangers yang dirilis untuk konsol Sega Mega Drive. 



Kebanyakan pengunjung yang menjajal memang mengaku ingin merasakan kembali serunya bermain game klasik. Tidak sedikit juga cosplayer yang ikut bermain game klasik di zona ini. Para cosplayer tersebut juga membuat suasana menjadi unik sehingga menarik banyak perhatian pengunjung Indonesia Comic Con 2016.

Indonesia Comic Con 2016 sendiri merupakan acara budaya pop tahunan yang menghadirkan berbagai kreator dan pelaku industri kreatif. Acara yang sudah berjalan sejak tahun 2015 kemarin ini kembali diselenggarakan di Jakarta Convention Center.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.