Nusa V, Komik Kolaborasi Indonesia-Jepang Terbit Besok

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 04 Aug 2017 18:09 WIB
poptech
Nusa V, Komik Kolaborasi Indonesia-Jepang Terbit Besok
Ki-ka: Shani Budi (Padma), Kajiya Bunsho (Shogakukan), Sweta Kartika (Padma), Chris Lie (re:ON), Indra Arista (Padma), Andik Prayogo (re:ON).

Metrotvnews.com,Jakarta: Komik Nusa V (baca: Nusa Five) akan diterbitkan pada acara Popcon Asia pada 5-6 Agustus. Komik ini merupakan komik kolaborasi antara Indonesia dan Jepang. 

Untuk lebih tepatnya, Nusa V merupakan hasil kerja sama Padma Pusaka Nusantara, perusahaan kreatif yang ada di Jakarta dengan Shogakukan Asia Pte Ltd, yang merupakan anak perusahaan dari penerbit asal Jepang, Shogakukan. Sekadar informasi, Shogakukan adalah penerbit yang bertanggung jawab atas berbagai komik populer, seperti Doraemon dan Detektif Conan. 

"Shogakukan mencari kreator yang berbakat dan mampu membuat sebuah karya orisinil dengan pengetahuan yang baik tentang budaya Indonesia dan Padma Pusaka Nusantara memiliki semua itu. Kami sangat senang bisa memperkenalkan hasil kolaborasi kami yaitu Nusa V kepada para pembaca di Indonesia," ujar Kajiya Bunsho, Managing Director dari Shogakukan Asia.



Komik Nusa V akan bercerita tentang 5 orang yang berasal dari 5 Pulau utama Indonesia: Rangga yang berasal dari Jawa, Naya dari Sumatera, Rimba dari Kalimantan, Rena dari Sulawesi dan George dari Papua. Kelima orang ini harus melawan kelompok Sandekala yang patuh pada entitas jahat, Kelana. 

Sweta Kartika, komikus Grey & Jingga akan bertanggung jawab atas pembuatan cerita dan ilustrasi dari komik Nusa V. Dia akan mendapatkan bimbingan dari Yasuyuki Sagami, editor senior dari Shogakukan pusat di Jepang. 

"Jajaran budaya nusantara yang menjadi penopang konsep utama cerita ini saya gali bersama teman-teman dalam tim. Pada tahap inilah saya makin memahami betapa luas dan kayanya Indonesia," ungkap Sweta.

Chapter pertama Nusa V akan diterbitkan dalam majalah komik re:ON edisi 28 dan akan terus tampil di edisi-edisi berikutnya. Selain terbit dalam bahasa Indonesia, Nusa V dalam bahasa Inggris akan dipamerkan di Frankfurt Book Fair yang akan diadakan pada OKtober mendatang. Rencananya, versi internasional dari komik ini akan diterbitkan pada tahun depan. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.