Gencarkan Karya Lokal, Kosmik Terbitkan Second Orbit Issues 01

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 25 Jan 2017 16:06 WIB
poptech
Gencarkan Karya Lokal, Kosmik Terbitkan Second Orbit Issues 01
Acara Kosmik di Central Park.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kosmik Second Orbit Issues 01 resmi terbit di toko buku hari ini, Rabu (25/1/2017). Majalah komik lokal ini diresmikan pada hari Minggu lalu. Mereka juga memasukkan beberapa konten baru. 

Salah satunya adalah Peri Bahasa, buatan Fachreza Ocktavio dan LSS. Dalam sesi "Blast Off: Peri Bahasa", Fachreza, bersama editor Dimar Pamekas menjelaskan tentang sudut pandang mereka terkait suasana visual komik Peri Bahasa.

Melalui komiknya, Fachreza berusaha untuk mempopulerkan kembali budaya berbahasa dan pantuan. Di sini, dia menggabungkan budaya bahasa lokal, seperti peribahasa dan ungkapan, dengan genre action.

Komik ini juga membahas tentang masalah penggunaan konsep bahasa, antara penggunaan bahasa sesuai kaidah dan kebebasan untuk berbahasa agar bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. 

"Dunia dalam komik ini terbentuk oleh bahasa, semua elemennya terbentuk oleh bahasa. Ada sekelompok orang yang memanipulasi bahasa supaya bisa menguasai dunia sesuai yang mereka inginkan," kata Fachreza.

"Ini bagus untuk menggenjot orang untuk belajar bahasa dengan lebih fun."

Dalam acara yang diadakan di Gramedia Central Park ini, juga ada sesi "Unfolding the Secret of Storytelling". Sesi talkshow ini membahas tentang berbagai genre berbeda yang diangkat di komik-komik Indonesia.

Seperti genre fantasi dengan tema perpaduan budaya dan teknologi dalam cerita Manungsa, Suryaraka dan Rajasa yang mengangkat tema sejarah atau Rixa yang mengangkat tema science fiction.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.