India Ingin Kirim Astronaut ke Luar Angkasa Pada 2022

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 30 Aug 2018 14:28 WIB
antariksa
India Ingin Kirim Astronaut ke Luar Angkasa Pada 2022
Roket GSLV Mk III buatan India. (ChineE Nouvelle/Sipa/Newscom)

Jakarta: Pemerintah India mengatakan bahwa mereka berencana untuk membawa astronaut ke luar angkasa pada 2022.


Menurut laporan Hindustan Times, peta jalan ini mengejutkan Badan Riset Luar Angkasa India (ISRO). Namun, badan luar angkasa itu memang telah berusaha untuk membawa astronaut ke luar angkasa sejak 2004.

Mereka juga menyebutkan bahwa mereka akan bisa memenuhi rencana pemerintah itu dengan mudah, lapor Space.com.

"Negara kami memiliki potensi besar dalam bidang luar angkasa," kata Perdana Menteri Narendra Modi dalam sebuah pidato pada 15 Agustus, menurut terjemahan dari Planetary Society, badan nirlaba yang mempromosikan sains dan penjelajahan luar angkasa.

"Namun, para peneliti kami memiliki mimpi. Pada 2022, ketika itu, India sudah merdeka selama 75 tahun, seorang warga India -- pria atau perempuan -- akan pergi ke luar angkasa dengan bendera India di tangan mereka."
 
Misi ini dinamai Gaganyaan. Sejauh ini, hanya ada satu orang India yang pernah ke luar angkasa, yaitu Rakesh Sharma. Dia menjalankan misi ke luar angkasa pada 1984.

Dia kini juga menjadi penasehat dari misi luar angkasa sekarang ini. Misi kali ini akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab ISRO.

Badan luar angkasa itu telah membuat pesawat yang akan digunakan dalam misi ini, yaitu GSLV Mk III, yang telah diluncurkan dua kali selama ini. Pada tahun ini, India juga telah menguji sistem penyelamatan untuk kru dari modul mereka.

Meskipun begitu, tim untuk Gaganyaan masih memiliki banyak tugas yang harus mereka selesaikan. Mereka masih harus memilih dan melatih anggota kru, membuat desain baju luar angkasa, mempersiapkan tempat peluncuran roket dan melatih para astronaut dalam bidang biosains.

Pemerintah memperkirakan, proyek ini akan menciptakan 15 ribu pekerjaan dengan total nilai sekitar USD1,3 miliar (Rp19 triliun).



(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

6 days Ago

Advan adalah produsen smartphone¬†lokal yang bisa dibilang pejuang sejati.¬†

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.