Makassar Siap Terapkan Smart City

Aqmal Maulana    •    Rabu, 01 Oct 2014 12:54 WIB
microsoft
Makassar Siap Terapkan Smart City

Metrotvnews.com: Sebanyak 500 pemuda dari Sekolah Menengah Atas dan Universitas kota Makassar berkumpul di Universitas Hasanuddin pada Rabu, 1 Oktober. Bukan tanpa alasan, mereka berukumpul untuk mengembangkan aplikasi berbasis web maupun mobile dalam acara Microsoft CityApp Appathon.

Dengan acara ini, diharapkan aplikasi yang dibuat oleh para pemuda ini mampu mengatasi berbagai masalah perkotaan di Makassar. Salah satunya adalah untuk meningkatkan efisiensi pemerintah dan mengembangkan ekosistem software lokal dengan memanfaatkan cloud.

Tidak hanya itu, para peserta diharapkan mampu mengembangkan aplikasi yang akan membantu mengatasi pengangguran, keamanan sosial, kesehatan, pendidikan, pengelolaan limbah, pelatihan gratis dan keuangan mikro untuk usaha kecil, taman kota, perumahan rakyat, dan penegakan hukum.

"Saya senang melihat antusiasme yang tinggi dari kalangan mahasiswa k yang ingin berkontribusi dan memperbaiki kota mereka dengan mengembangkan aplikasi untuk mengatasi tantangan perkotaan. Kebanggaan bagi kita untuk membangun Makassar menjadi salah satu world class city," ujar Wali Kota Makassar H. Moh. Ramdhan Pomanto.

Selain bekerja sama dengan Microsoft, pemerintah Makassar juga bekerja sama dengan CITYNET untuk mendapatkan otoritas jaringan lokal di tingkat regional. Kompetisi ini bertujuan untuk menciptakan teknologi inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan sosial ekonomi dari warga kota Makassar.

Pemenang CityApp Appathon ini akan diumumkan pada 2 oktober mendatang. Aplikasi dari pemenang akan diimplementasikan oleh pemerintah daerah untuk membantu mengatasi masalah perkotaan yang ada di Makassar. Pemenang juga berhak mendapatkan tablet Windows 8.1 dan Windows Phone, serta mendapatkan wildcard untuk menjadi semifinalis Microsoft Imagine Cup 2015 dalam kategori Citizenship. Imagine Cup merupakan sebuah kompetisi tahunan IT Internasional untuk pelajar maupun mahasiswa yang diadakan oleh Microsoft.

Juara pertama berhak mendapatkan uang sebesar Rp8.000.000, juara kedua sebesar Rp7.000.000, dan juara ketiga sebesar Rp6.000.000. Untuk juara harapan pertama berhak mendapatkan uang sebesar Rp5.000.000, juara harapan kedua sebesar Rp4.000.000, dan juara harapan ketiga sebesar Rp3.000.000.


(ABE)

Video /