Inilah Beberapa Isu Utama di Ajang Microsoft CityApp Appathon

Aqmal Maulana    •    Kamis, 02 Oct 2014 23:51 WIB
microsoft
Inilah Beberapa Isu Utama di Ajang Microsoft CityApp Appathon

Metrotvnews.com: Dari 500 peserta yang mengikuti ajang Microsoft CityApp Appathon di Makassar, terdapat sepuluh kelompok yang menjadi finalis. Masing-masing dari kesepuluh finalis tersebut pun diberi kesempatan untuk mempresentasikan aplikasi maupun website buatannya dalam waktu 10 menit.

Dari sepuluh kelompok tersebut, ada beberapa kelompok yang memiliki konsep yang sama, yakni mengelola sampah. Hal ini terkait dengan program yang dicanangkan pemerintah, yaitu "LISA". "LISA" merupakan kependekan dari "Lihat Sampah, Ambil".

Meskipun konsepnya sama, masing-masing kelompok memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Hal tersebut terlihat dari tampilan dari aplikasi dan berbagai fitur yang ditawarkan.

Beberapa fitur yang di tawarkan antara lain, kalkulasi berat sampah untuk menukarnya dengan beras, melaporkan lokasi-lokasi kumuh dan banyak sampah yang tidak tersentuh oleh pemerintah, dan menyajikan data yang dilaporkan dengan peta.

Selain seputar sampah, masalah kesehatan dan pengangguran juga menjadi sorotan utama untuk kelompok lainnya. Untuk menjawab masalah kesehatan, para peserta membuat sebuah aplikasi berbasis website maupun mobile yang dapat memanggil mobil ambulance, mengetahui dimana rumah sakit terdekat, berapa kapasitas rumah sakit, jadwal dokter yang bertugas, berapa kamar rawat inap yang tersedia, dan lain-lain.

Sedangkan untuk masalah pengangguran, aplikasi yang dibuat memungkinkan Anda untuk mencari pekerjaan yang cocok, menyajikan berbagai jadwal training, mengingatkan Anda jika ada pekerjaan yang cocok, dan menunjukkan lokasi melalui peta.

Meski semua aplikasi yang dibuat belum matang untuk digunakan pada pemerintahan, aplikasi tersebut dapat dikembangkan kembali untuk mewujudkan smart city yang saling terintegrasi.


(ABE)

Motorola Moto M, Si Kelas Menengah yang Elegan dan Andal
Review Smartphone

Motorola Moto M, Si Kelas Menengah yang Elegan dan Andal

1 week Ago

Motorola Moto M menawarkan performa yang baik dalam hal multitasking, serta dalam desain e…

BERITA LAINNYA
Video /