Inilah Beberapa Isu Utama di Ajang Microsoft CityApp Appathon

Aqmal Maulana    •    Kamis, 02 Oct 2014 23:51 WIB
microsoft
Inilah Beberapa Isu Utama di Ajang Microsoft CityApp Appathon

Metrotvnews.com: Dari 500 peserta yang mengikuti ajang Microsoft CityApp Appathon di Makassar, terdapat sepuluh kelompok yang menjadi finalis. Masing-masing dari kesepuluh finalis tersebut pun diberi kesempatan untuk mempresentasikan aplikasi maupun website buatannya dalam waktu 10 menit.

Dari sepuluh kelompok tersebut, ada beberapa kelompok yang memiliki konsep yang sama, yakni mengelola sampah. Hal ini terkait dengan program yang dicanangkan pemerintah, yaitu "LISA". "LISA" merupakan kependekan dari "Lihat Sampah, Ambil".

Meskipun konsepnya sama, masing-masing kelompok memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Hal tersebut terlihat dari tampilan dari aplikasi dan berbagai fitur yang ditawarkan.

Beberapa fitur yang di tawarkan antara lain, kalkulasi berat sampah untuk menukarnya dengan beras, melaporkan lokasi-lokasi kumuh dan banyak sampah yang tidak tersentuh oleh pemerintah, dan menyajikan data yang dilaporkan dengan peta.

Selain seputar sampah, masalah kesehatan dan pengangguran juga menjadi sorotan utama untuk kelompok lainnya. Untuk menjawab masalah kesehatan, para peserta membuat sebuah aplikasi berbasis website maupun mobile yang dapat memanggil mobil ambulance, mengetahui dimana rumah sakit terdekat, berapa kapasitas rumah sakit, jadwal dokter yang bertugas, berapa kamar rawat inap yang tersedia, dan lain-lain.

Sedangkan untuk masalah pengangguran, aplikasi yang dibuat memungkinkan Anda untuk mencari pekerjaan yang cocok, menyajikan berbagai jadwal training, mengingatkan Anda jika ada pekerjaan yang cocok, dan menunjukkan lokasi melalui peta.

Meski semua aplikasi yang dibuat belum matang untuk digunakan pada pemerintahan, aplikasi tersebut dapat dikembangkan kembali untuk mewujudkan smart city yang saling terintegrasi.


(ABE)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.