Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Menangkan Ajang Microsoft CityApp Appathon

Aqmal Maulana    •    Jumat, 03 Oct 2014 00:52 WIB
microsoft
Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Menangkan Ajang Microsoft CityApp Appathon

Metrotvnews.com: Dari kesepuluh finalis yang terpilih pada ajang Microsoft CityApp Appathon yang diadakan di Makassar pada hari Rabu dan Kamis, 1-2 Oktober, mahasiswa UIN Alauddin Makassar berhasil menjadi juara pertama.

Tim ini terdiri dari Muhammad Azhar Hairuddin (19), Maghfirah Suyuti (19), Yandi Cahyadi (19), dan Kelvin Adrian S. (16).

Mereka membuat sebuah aplikasi untuk mengurangi tingkat pengangguran di kota Makassar. Aplikasi tersebut diberi nama Macca App. Kata "Macca" dalam bahasa lokal di Makassar berarti pintar.

Aplikasi ini menyajikan berbagai jadwal seminar dan mengingatkan Anda jika ada seminar maupun pelatihan. Seminar tersebut disajikan dalam berbagai macam kategori sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan minat.

Para mahasiswa tersebut terinspirasi dari angka pengangguran yang terus meningkat setiap tahunnya di kota Makassar. Meski masih berbentuk prototype, mereka berniat untuk membuat aplikasi ini lebih serius lagi agar dapat memberikan sumbangsih untuk kota Makassar.

Ke depannya, mereka ingin mengembangkan berbagai fitur baru pada aplikasi ini. Fitur tersebut adalah peta yang lengkap dengan fitur koordinat dan navigasi. Dengan adanya fitur tersebut, Anda dapat melacak keberadaan seminar dan pelatihan terdekat sekaligus menuntun Anda untuk menuju acara tersebut melalui peta.

Untuk juara pertama, tersedia hadiah uang sebesar Rp. 8.000.000, smartphone dengan sistem operasi Windows Phone, tablet dengan sistem operasi Windows 8.1, serta wildcard untuk menjadi semifinalis microsoft Imagine Cup 2015 dalam kategori Citizenship.

Imagine Cup merupakan sebuah kompetisi tahunan IT Internasional untuk pelajar maupun mahasiswa yang diadakan oleh Microsoft.


(ABE)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.