Sosial Media Indonesia Kebanyakan Buat Lucu-Lucuan

Dimas Prasetyaning    •    Rabu, 18 Mar 2015 21:00 WIB
internet
Sosial Media Indonesia Kebanyakan Buat Lucu-Lucuan
Ilustrasi: AFP/Emannuel Dunand

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu negara paling cerewet di media sosial. Namun, keriuhan sosial media di Indonesia didominasi materi gurauan.
 
Boleh dibilang, masyarakat di Indonesia pun secara umum belum elegan, dalam berperilaku di sosial media. Ini juga seiring dengan gaya berpolitik para elite yang tidak elegan.

Hal tersebut disampaikan oleh CEO Provetic Iwan Setyawan saat mengisi diskusi mengenai 'sosial media untuk kepentingan publik dan peran jurnalistik, di gedung Dewan Pers, Jakarta (18/3/2015).

Ia mengatakan bahwa sosial media yang saat ini sedang naik daun banyak digunakan hanya untuk lucu-lucuan dan hal-hal ringan. Untuk isu-isu yang serius dan penting, seperti nilai tukar rupiah yang merosot, misalnya, begitu sepi.

Wartawan senior kompas Ninok Leksono menilai masyarakat Indonesia memang butuh pembelajaran sosial media, karena dengan adanya pembelajaran tersebut masyarakat dapat memperhatikan infrastruktur bangsa yang jauh lebih penting daripada hal yang lucu-lucu.

"Kenapa sosial media harus ada, dulu media hanya searah, namun sekarang bisa dua arah, biar orang Indonesia kaya akan pemikirannya bukan hanya searah saja," ungkapnya.


(FIT)